Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Yeremias: Sudah Saatnya Pasar Mardika Direvitalisasi

0 51

Ambon, TN – Ketua Komisi C DPRD Provinsi Maluku, Anos Yeremias mengaku, pihak sangat mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, untuk revitalisasi Pasar tradisional Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 dengan anggaran senilai Rp 100 Miliar.

“Dengan direvitalisasikannya Pasar Mardika, maka kita harapkan pasar tradisional ini akan semakin berkembang, dan dapat bersaing dengan pasar modern lainnya,” kata Yeremias kepada Teropongnews.com, di Ambon, Rabu (7/8).

Menurut dia, revitalisasi perlu dilakukan, lantaran Pasar Mardika sudah dianggap tidak representatif lagi, dan lokasinya terkesan sangat kumuh. “Jadi menurut kami revitalisasi pasar mardika itu penting dan harus dilakukan karena situasi pasar itu sendiri sangat tidak nyaman,” kata Yeremias.

Pasar tersebut, kata Yeremias, sudah sangat padat, bahkan kabel–kabel penerangan yang ada di dalam kios–kios pun sudah tidak terurus. Karena itu, Revitalisasi ini harus dilakukan dengan kerjasama semua pihak, mengingat status pasar Mardika adalah milik Provinsi Maluku.

“Kita akan melakukan upaya untuk membenahi Pasar Mardika, sehingga kawasan Mardika bisa tertib dan teratur. Karena selama ini pasar itu sangat tidak teratur. Misalnya pada waktu–waktu tertentu di seputaran jalan tersebut terjadi kemacetan,” ungkapnya.

Dikatakan, DPRD juga akan melakukan upaya untuk membenahi Pasar Ampung, sehingga kawasan Pasar Mardika bisa lebih tertib dan teratur. “Pasar apung juga harus dibenahi dan tertibkan, karena sampai hari ini pasar apung/pasar ikan bisa dikatakan sangat jorok. Ini juga harus dibenahi. Kami juga tidak ingin seolah–olah, ini hanya sekedar wacana, namun lebih dari itu, harus menjadi perhatian,” kata Anos.

Selain itu, DPRD juga terus mendorong, agar beberapa pasar tradisional yang ada di Maluku bisa dibenahi. “Kita juga sementara berjuang untuk pembangunan Pasar Elat, di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pembangunan pasar di Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Kami berharap mudah–mudahan revitalisasi beberapa pasar ini segera dilakukan, karena masyarakat kita juga membutuhkan tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas,” tandas Yeremias.

Anda mungkin juga berminat