Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wiranto Instruksikan Aparat Penegak Hukum Usut Penyebab Ricuh Di Papua Barat

0 340

Sorong,TN – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal Purn. Wiranto menginstruksikan jajaran aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas para pelaku yang melakukan tindakan rasisme di Malang dan Surabaya.

“Setelah ini tentunya akan ada pengusutan secara tuntus baik itu pelaku pengrusakan maupun pelecehan terhadap mahasiswa Papua yang ada di Malang dan Surabaya,”ujar Wiranto saat mengadakan jumpa pers di Sorong, Kamis (22/08).

Menurutnya, Sebagai insan manusia juga punya rasa emosi dan reaksi terhadap apa yang didengarkan dan dilihat. Namun harus dalam konteks kebangsaan dan Bhineka Tunggal Ika, bukan dengan cara merusak.

“Dulu para pendahulu kita menyelesaikan masalah dengan jalur musyawarah dan mufakat. Di Papua dan Papua Barat punya itu. Perkelahian antar suku bisa diselesaikan dengan bakar batu misalkan. Kalo semua masalah diselesaikan dengan emosi dan merusak ini sudah salah, karena apapun yang kita bangun itu uang rakyat dan jerih payah rakyat,”terang.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak,M.Si mengatakan bahwa situasi di Manokwari, Sorong, dan Fakfak sudah mulai kondusif dan masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa.

“Pemalangan yang dilakukan oleh masyarakat juga sudah dibersihkan sehingga dapat dilewati kembali. Aktivitas warga juga sudah berjalan normal,”tandas Kapolda Papua Barat.

Anda mungkin juga berminat