Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Waspada, Akun Facebook Palsu Catut Profil Anda Untuk Meminta Uang/Pulsa

0 260

Merauke, TN – Para pengguna media sosial diharapkan selalu waspada, karena aksi penipuan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti pembajakan pada akun Facebook, atau pembuatan akun palsu dengan menggunakan profile sesorang.

Selanjutnya dipakai oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan pemilik akun untuk meminta uang atau pulsa.
Kejadian seperti ini sudah banyak terjadi dan dikeluhan korban pemilik akun. Seperti yang dialami mantan bupati Merauke, Romanus Mbaraka kemarin.

“Ada orang yang menggunakan akun FB saya. Mereka pakai untuk minta pulsa, minta uang dan lain-lain. Saya bukanlah pribadi yang seperti itu dan masyarakat yang mengenal saya agar jangan percaya terhadap permintaan tersebut,” jelas Romanus Mbaraka di Merauke, Sabtu (04/05/19).

Ia mengaku dirinya tidak suka bermain Facebook, namun ada akun Facebook miliknya tetapi yang dikelola oleh orang yang dipercayakannya.

Katanya, Jumat (03/05) kemarin, sekitar jam 03.00 wit, diketahui adanya akun FB palsu dengan profile Romanus Mbaraka yang dibuat oleh orang tidak dikenal.

“Kalau yang kita perkirakan, motif pelaku sebenarnya dia orang susah sehingga menggunakan cara ini untuk minta uang,” tambahnya.

Namun, lanjut Romanus, perbuatan ini adalah sebuah pencemaran nama baik yang merugikan dirinya. Karena itu, ia melaporkan ke pihak berwajib agar pelaku diproses sesuai hukum karena melanggar UU ITE

Anda mungkin juga berminat