Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Warga Makassar Dilarang Terbangkan Balon Udara

0 35

Makassar, TN – Deputy GM Perencanaan dan Evakuasi Operasi Makassar Air Traffic Service Control (MATSC), Davitson Aritonang meminta warga Makassar, Sulawesi Selatan untuk tidak menerbangkan balon udara berisi tabung gas 3 Kg atau 5 Kg. Pasalnya, pesawat yang tersangkut balon udara bisa meledak.

“Jadi, saya menghimbau warga Makassar untuk tidak menerbangkan balon udara. Karena balon udara yang terbang itukan menggunakan tabung gas 3 Kg atau 5 Kg, dan itu sangat berbahaya jika terkena pesawat, apalagi jika masuk ke dalam mesin. Bisa-bisa pesawat meledak di udara atau jatuh akibat balon udara itu,” kata Davitson kepada wartawan, di Makassar, Jumat (7/6).

Menurut dia, bahaya balon udara yang terbang bebas antara lain, bisa tersangkut di sayap ekor, pesawat susah dikendalikan atau kehilangan kendali, masuk ke dalam mesin pesawat, menutup pilot tube.

“Bayangkan saja, dalam sehari saja, sudah ada sebanyak 28 laporan yang diterima dari pilot yang sedang menerbangkan pesawat. Apalagi saat sekarang, aktifitas lalu lintas penerbangan sangat padat. Balon udara itu pun berada di ketinggian 38.000 kaki di jalur penerbangan padat,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat