Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Warga Apresiasi Inovasi BPJS Kesehatan Tentang Mobile JKN

0 69

Sorong, TN– Standbooth BPJS Kesehatan yang berfungsi sebagai pendaftaran peserta, pembayaran iuran dan mendapatkan informasi seputar Program JKN-KIS merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam mengoptimalkan pelayanan dan pemberian informasi terkait Program JKN-KIS.

Selain membaca informasi yang terdapat pada standing banner, leaflet dan yang terpajang di sepanjang dinding standbooth, masyarakat pun tidak melewatkan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Duta BPJS Kesehatan Cabang Sorong yang bertugas menjaga standbooth.

Satrio, (35) seorang TNI Angkatan Laut yang hadir pada acara pameran tersebut, tak ingin ketinggalan memanfaatkan informasi-informasi seputar Program JKN-KIS.

Ia mengungkapkan rasa penasarannya untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, tetapi belum sempat mencari informasi cara penggunaanya karena kesibukannya selama bekerja.

Aplikasi yang dapat diunduh di playstore maupun appstore ini menawarkan berbagai kemudahan yang dapat diakses oleh seluruh penggunanya. Bagi yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, melalui aplikasi ini bisa langsung mendaftar sebagai peserta tanpa harus keluar rumah.

Bagi yang sudah menjadi peserta, dapat melakukan perubahan data seperti mengganti fasilitas kesehatan tanpa perlu repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan.

Selain itu peserta juga dapat menampilkan KIS Digital layar handphone-nya serta juga dapat melakukan skrining kesehatan, meminta informasi, maupun mengirimkan pengaduan.

“Alhamdulillah ada standbooth BPJS Kesehatan di acara pameran ini, jadi saya manfaatkan bertanya dari cara dan penggunaan aplikasi Mobile JKN ini. Setiap fiturnya saya tanyakan ke petugas disini sampai tuntas, karena saya akan menggunakan aplikasi ini dan akan saya sosialisasikan kepada teman-teman di asrama nanti. Setelah dijelaskan saya baru paham betapa membantunya aplikasi ini karena sangat berguna bagi kami yang tidak sempat ke kantor BPJS Kesehatan untuk antri mengurus perubahan, cek fasilitas kesehatan, cek riwayat pelayanan dll,” ungkap Satrio, Senin (02/09).

Satrio mengaku akan membagikan informasi yang ia dapatkan tentang aplikasi Mobile JKN ini kepada seluruh teman-teman dan kerabatnya, karena ia merasa informasi seperti ini harus segera ia sebarluaskan karena sangat bermanfaat dan banyak membantu.

“Semoga semakin sering ada event-event seperti ini kedepanya, karena sangat berguna sekali bagi masyarakat dan saya sangat mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan yang terus memberikan informasi secara akurat kepada masyarakat tentang inovasi-inovasi seperti ini untuk mempermudah pemberian pelayanan JKN-KIS,” jelasnya.

Tak hanya terkait dengan Mobile JKN saja, tetapi Satrio juga mengingatkan kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk tertib membayar iuran setiap bulan.

“Saya mengajak seluruh peserta JKN-KIS yang terdaftar dari segmen Peeserta Mandiri untuk tertib membayar iuran setiap bulan sebelum tanggal 10, karena kesehatan kita tidak ada yang bisa menjamin kecuali kita sendiri dan kita harus sedia payung sebelum hujan, jangan tunggu sakit baru bayar iuran,” tutup Satrio.

Anda mungkin juga berminat