Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Walikota Ambon: APBD Instrumen Kebijakan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

0 59

Ambon, TN – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada hekekatnya, merupakan salah satu instrumen kebijakan yang dipakai sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat Kota Ambon. Demikian disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan, di Ambon, Selasa (5/11).

Walikota mengatakan, rancangan APBD 2020 beserta nota keuangannya, disusun sebagai wujud dari pengelolaan keuangan daerah yang transparan, dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab untuk kesejahteraan masyarakat Kota Ambon.

“Kualitas APBD dan keberpihakan alokasi anggaran harus pro kepada masyarakat, dimana pengeloalan keuangan daerah harus memberikan manfaat serta dirasakan sebesar-besarnya dan semaksimal mungkin untuk mencapai sasaran pembangunan jangka pendek dan menengah,” kata Walikota.

Untuk itulah, lanjut Walikota, dalam mengelola APBD harus secara lebih cermat, transparan dan akuntabel. “Dari sisi penerimaan, kita harus mampu meningkatkan sumber-sumber pendapatan daerah dengan tetap menjaga iklim dunia usaha serta daya beli masyarakat agar kapasitas fiskal semakin kuat,” kata Walikota.

Sedangkan dari sisi belanja, lanjut dia, kualitas dan produktifitas belanja harus ditingkatkan, baik belanja yang bersumber dari APBN maupun APBD sehingga penyerapan anggaran dan pertumbuhan ekonomi dapat memberikan nilai tambah sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan, penyampaian Nota Keuangan dan RAPBD 2020 yang dilakukan setelah penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2020 beberapa waktu lalu, sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2020.

Anda mungkin juga berminat