Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wali Kota Ternate Sholat Ied Di Masjid Raya Almunawwar

0 45

Ternate, TN – Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, bersama ribuan umat muslim di Kota Ternate, Rabu (5/6) pagi melaksanakan sholat Idul Fitri (Ied) 1 Syawal 1440 Hijriyah di Masjid araya Almunawwar Ternate.

Pantauan Teropongnews.com, pelaksanaan sholat Ied yang dimulai sejak pukul 07:47 waktu setempat itu, juga diikuti oleh unsur Forkompimda Provinsi Maluku Utara (Malut) dan Kota Ternate, para pejabat di lingkup Pemkot Ternate serta umat Islam di Kota Ternate.

Meskipun kapasitas masjid bisa menampung hingga 15.000 jamaah, namun membludaknya jamaah yang melaksanakan sholat Ied, membuat para jamaah harus melaksanakan sholat di parkiran dan halaman masjid terbesar di Maluku Utara itu.

Dalam khotbahnya, Ketua MUI Kota Ternate, Usman Muhammad mengatakan, makna hari raya Idul Fitri sebagai momentum untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta menyebarkan Rahmatan Lil’ Alaamiin.

“Secara subatansial, hari raya Idul Fitri bermakna sebagai pengujian diri, membangun kemaslahatan, berperadaban, kesejahteraan, aman dan tentram,” kata Usman.

Menurutnya, kesolehan untuk kebangsaan yang diwujudkan dengan huhungan dengan Allah SWT dan hubungan sosial antar sesama manusia, “Mari dengan hati yang terbuka, tangan yang terulurkan, saling memaafkan, mari lupakan perbedaan, lupakan konflik yang pernah terjadi sebelumnya, mari kita buka lembaran baru yang lebih damai, lebih aman untuk membangun bangsa kedepan,” ajak dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher, yang juga menjabat selaku Imam Bangsa Kesultanan Ternate, melaksanakan sbolat Ied di Sigi Lamo atau masjid Sultan Ternate, bilangan Soa Sio Ternate Utara, bersama masyarakat adat Kesultanan Ternate dan umat Islam di Ternate.

Usai sholat Ied, Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, langsung manggelar open house di kediaman masing-masing selama 3 hari berturut-turut.

Anda mungkin juga berminat