Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wali Kota Ternate Ancam Beri Sanksi Tegas Bagi ASN Yang Kedapatan Bolos Usai Libur Lebaran

0 25

Ternate, TN – Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman mengancam akan memberikan sanksi tegas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara yang kedapatan membolos usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah.
Sanksi yang diberikan, kata Wali Kota, yakni dirumahkan selama tiga hari.

“Ini berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri. Nah, bagi ASN yang tidak hadir diberi peringatan resmi secara tertulis, dan diberi tambahan tidak perlu masuk kerja selama 3 hari, karena dianggap selama 12 hari masih kurang, diberikan tambahan istirahat tiga hari dengan peringatan tertulis resmi,” ujar Wali Kota kepada wartawan, di sela pelaksanaan sidak di kantor tersebut, Senin (10/9).

Akan tetapi, kata Wali Kota, sanksi tegas tersebut tidak berlaku bagi ASN yang tidak masuk kantor, dengan alasan sakit atau urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

“Nah, kita masih beri toleransi, kecuali ada izin sakit atau keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan,” kata tandas Wali Kota.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyatakan, ASN atau PNS yang kedapatan bolos pada Senin (10/6) hari ini usai cuti bersama hari raya Idul Fitri akan diberikan sanksi tegas. Sanksi tersebut berupa teguran tertulis hingga dirumahkan selama tiga hari bagi ASN yang kedapatan bolos masuk kerja di hari pertama usai libur lebaran 2019.

Untuk diketahui, berdasarkan instruksi berupa surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tanggal 9 Juni 2019 menjadi hari terakhir cuti bersama Idul Fitri dan pada 10 Juni, ASN di semua instansi mulai masuk kerja secara normal.

“Untuk itu, says sudah instruksikan pejabat eselon 1 dan eselon 2, selesai upacara ini, mencatat kembali seluruh staf dibawahnya, siapa-siapa yang belum hadir pada upacara pagi hari ini,” tegas Wali Kota.

Anda mungkin juga berminat