Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wali Kota: Kota Sorong Harus Jadi Barometer Pemilu Sukses Di Papua Barat

0 46

Sorong,TN- Wali Kota Sorong, Drs Lambert Jitmau, MM, sebut Kota Sorong harus jadi barometer Pemilu sukses di Papua Barat.

Pernyataan tersebut, disampaikan dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sorong, di Ruang Anggrek Kantor Wali Kota, Senin (15/4).

“Rapat ini agar pemilu 2019 berjalan lancar, aman dan terkendali. Saya berharap semua pihak sudah siap melaksanakan pemilu. Pemilu Kota Sorong harus sukses dan menjadi contoh dan barometer bagi kabupaten lain di Papua Barat. Semua pihak terkait harus berkomitmen berperan mensukseskan pemilu termasuk aparat keamanan,” ujarnya.

Meskipun demikian, orang no 1 di Kota Sorong ini masih khawatir masalah DPT dan DPK yang akan terjadi di TPS, jangan sampai terjadi gejolak di TPS. Oleh sebab itu, permasalahan DPT dikembalikan ke KPU dan Bawaslu, kalau sudah sosialisasi dengan baik maka yakin tidak akan ada masalah. Selain itu, dirinya juga berharap pihak keamanan harus membantu KPU dan Bawaslu.

Kapolres Sorong Kota AKBP Mario Siregar, S.Ik mengatakan situasi Kota Sorong masih kondusif, ini semua tidak terlepas dari peran serta semua pihak untuk mencapai situasi aman dan kondusif. “Dari 659 TPS Kami selalu berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu, kita TNI dan Polri siap untuk menjamin keamanan sampai di TPS. TNI dan Polri siap memback up penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Ditambahkannya, besok Selasa akan dilakukan serpas dari gudang logistik ke 659 TPS. Selain itu, di Kantor KPU akan ada satu peleton dari TNI Angkatan Laut yang melaksanakan berjaga mulai dari tanggal 17 18 dan 19 April. “Kami juga hari ini melaksanakan patroli gabungan TNI dan Polri sisir semua wilayah Kota Sorong. Yang menjadi fokus nanti tanggal 16 kita antisipasi yang dinamakan dengan serangan serangan Fajar, kita juga tempatkan rayonisasi bersama Brimob yang ada di kota Sorong yaitu rayon wilayah barat dan wilayah timur,” tandasnya.

Danrem 181/PVT Brigjend TNI Ignatius Yogo Triyono mengatakan semua personil TNI Polri sudah siap memback up pelaksanaan pemilu yang didukung semua pemangku kepentingan demi suksesnya pelaksanaan pemilu.

Ketua KPU Kota Sorong Robert Jumame menjelaskan terkait kesiapan KPU secara kelembagaan, seluruh tahapan besar sudah dilakukan. Besok siap akan lakukan distribusi logistik ke 659 TPS, sehingga harus di back up oleh aparat keamanan. Dalam proses pentahapan pihaknya tidak pernah jalan sendiri, selalu dengan Bawaslu karena merupakan amanat undang-undang. “Pada intinya KPU Kota Sorong siap melaksanakan dan mensukseskan Pemilu 2019,” tegasnya.

Anda mungkin juga berminat