Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Waktu Pemungutan Suara Dinilai Tak Maksimal

0 54

Sorong,TN- Pelaksanaan pemungutan suara pada pemilihan umum untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/ Kota tanggal 17 April 2019 dinilai tak maksimal.

Pasalnya, waktu yang ditentukan untuk dimulainya pencoblosan atau pemungutan suara yakni pukul 07.00 WIT namun pada waktu tersebut KPPS baru membuka kotak suara dilanjutkan dengan perhitungan surat suara.

Salah satu warga Kota Sorong, Obed Niko mengatakan, sistim pemilihan umum serentak tahun 2019 dapat mempengaruhi partisipasi pemilih untuk tidak meyalurkan hak politiknya.

“Saya lihat cara sistim pemilihan umum tahun 2019 ini dapat mempengaruhi partisipasi pemilih menurun alias orang malas memilih karena waktu tidak maksimal,” kata Obed Niko kepada wartawan di Kota Sorong, Rabu (17/4).

Ketua KPPS TPS 1 Kelurahan Malanu, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong, Toto B Alam mengaku bahwa sebelum dimulainya pemungutan suara, pihaknya menghitung jumlah surat suara.

“Kami masih hitung surat suara dulu, apakah sesuai dengan DPT atau tidak, baru mulai pencoblosan,” ujar Toto.

Pantauan media ini, semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Sorong sudah dibuka pukul 07.00 WIT namun untuk waktu tersita untuk buka kota dan perhitungan suara cukup menyita waktu.

Lamanya perhitungan surat suara paslon Calon Presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/ kota akan menyita waktu sekira 2 jam.

Anda mungkin juga berminat