Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Usai Dilantik, Pengurus Perbasi Kabsor Diharapkan Dongkrak Gairah Olahraga Basket

0 283

Aimas, TN – Penggemar olahraga basket di Kabupaten Sorong boleh bersorak bahagia, menyusul terbentuknya Pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) di daerah ini, Jumat (17/1/2020).

Diharapkan, kepengurusan ini menjadi awal kebangkitan basket sebagai salah satu olahraga yang populer di Papua. Pelantikan pengurus Perbasi Kabupaten Sorong ini dilakukan oleh Ketua Perbasi Papua Barat, Ismail Kaaf ST, di lapangan basket Mess Keuangan Kabupaten Sorong.

Ketua Umum Koni Kabupaten Sorong, Johny Kamuru SH, MSi (kaus putih), didampingi Ketua Harian Koni Kabupaten Sorong, Hermanus Rumwaropen SH, menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan pengurus Perbasi Kabsor di lapangan basket Mess Keuangan Pemda KM 24, Jumat (17/1/2020). (Foto:Humas Kabsor/TN)

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH yang juga Ketua Umum Koni Kabupaten Sorong, menyaksikan langsung pelantikan ini didampingi Ketua Harian Koni Kabupaten Sorong, Hermanus Rumwaropen SH.

Ketua Perbasi Kabupaten Sorong, Amatus Turot S.Hut, M.Si menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sorong yang telah memberikan support atas terbentuknya Pengurus Perbasi, hingga dilantik.

“Perhatian dari pemerintah daerah sangat baik, terutama dari pribadi Pak Bupati. Sejak beliau masih menjadi pegawai di Keuangan, dukungan moril maupun lainnya, sangat besar untuk olahraga ini,” kata Amatus, didampingi Sekretaris Perbasi, Tisan Hallatu.

Sarana dan prasarana olahraga ini, diakuinya masih sangat minim. Lapangan basket ini baru ada di Mess Keuangan dan di Unimuda. “Sementara sedang di bangun di alun-alun, tapi belum bisa digunakan,” katanya.

Agar bisa menjadi sarana menyalurkan hobi dan mencari bakat pemain yang handal, Amatus akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, agar setiap sekolah menyiapkan lapangan basket.

“Selain basket itu sangat populer di Papua, olahraga ini kan bisa menjauhkan anak-anak dari hal negatif, terutama narkoba dan minuman keras,” ujarnya.

Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru,SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Perbasi ini menjadi salah satu cara membentuk SDM generasi muda Papua yang sehat dan cerdas.

“Pengurus Perbasi saya harap bisa mengairahkan kembali semangat para pemuda dan pelajar di Kabupaten Sorong dalam mencintai basket sehingga menjadi olah raga favorit. Setelah pengurus terbentuk, harus diperbanyak even pertandingan, baik antar pelajar atau antar tim basket yang ada di Kabupaten Sorong,” harap Bupati JK.

Ketua Harian Koni Kabupaten Sorong Hermanus Rumwaropen, SH MH, menyampaikan, bahwa pelantikan Pengurus Perbasi Kabupaten Sorong merupakan momen bersejarah, karena ini pertama kalinya setelah pemekaran kabupaten dan kota.

“Kepada pengurus yang telah dilantik, saya minta untuk dapat menjalankan tugas sesuai bidangnya masing – masing, dan lebih fokus melakukan pembinaaan, demi prestasi cabang olah raga bola basket,” kata Herman Rumwaropen, yang juga Ketua BKDD ini. **

Anda mungkin juga berminat