Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Usai Dilantik, KAPP Merauke Perbanyak Sosialisasi

0 52

Merauke, TN – Masyarakat Kabupaten Merauke perlu mengetahui bahwa di Merauke suadah ada Kamar Adat Pengusaha Papua, (KAPP). KAPP adalah sebuah organisasi yang berbentuk perhimpunan, bersifat mandiri, independen dan nirlaba.

Fungsi KAPP adalah memberdayakan Pengusaha Adat Papua sebagai pelaku usaha. Pembangunan melalui kegiatan pembinaan dan penyertaan kerja, menciptakan ruang usaha yang memungkinkan partisipasi dan peran pengusaha anak adat Papua. Melakukan penataan dan penguatan kelembagaan KAPP yang terorganisir, mengupayakan peningkatan mutu kerja dan produksi pengusaha Anak Adat Papua.

“KAPP hadir sebagai mitra pemerintah yang akan menyuarakan aspirasi pengusaha kepada pemerintah,” jelas Ketua KAPP Papua, Saverius Samkakai dalam konferensi Pers, Kamis (13/02) di Sekretariat KAAP Merauke Depan GOR Hias Sai.

Motto KAPP ‘Membangun Ekonomi Mulai dari Dusun, Menata Pembangunan Mulai dari Kampung ke Kota.’ Organisasi ini lahir pada 30 Juni 2006 di Jayapura untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, berazarkan kasih dan keadilan, dengan berlandaskan UUD 1945 Pasal 33.

Selanjutnya, Deklarasi PBB tentang hak-hak bangsa pribumi tahun 2007, UU Nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua, Manifesto hak-hak dasar Rakyat Papua tahun 2002, Ketetapan Nomor 19/TAP/PLENO IV-DAP/XII/2005 Tentang Rekomendasi Pleno IV Dewan Adat Papua, Keputusan Sidang IV Dewan Adat Papua N0. 09/TAP/S.IV-DAP/VI/2006.

“Kehadiran KAPP untuk mewujudkan dunia usaha yang kuat, sehat, mandiri dan berdaya saing demi kesejahteraan Masyarakat Adat Papua,” tambahnya.

Pada April 2013, terbentuklah Kamar Adat Pengusaha Papua Daerah Kabupaten Merauke, dengan membidangi empat bidang yaitu bidang organisasi, bidang kontraktor leveransir, nidang UKM/Ekonomi Kerakyatan dan bidang investasi. Perhimpunan ini terus berproses namun belum berjalan maksimal beberapa tahun lalu.

Tanggal 06 Desember 2019, Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke Drs. Daniel Pauta a.n. Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E.,M.Si. resmi melantik Badan Pengurus Daerah Kabupaten Merauke Kamar Adat Pengusaha Papua Periode 2019 – 2024. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengurus Pusat KAP Papua Nomor 064/SK/D/KU/BPP-KAP PAPUA/JPR/XII/2019 Tentang Susunan Badan Pengurus Daerah Kamar Adat Pengusaha Papua Kabupaten Merauke Periode 2019 – 2024.

“Ini berarti bahwa Negara mengakui dan mengesahkan secara hukum Kamar Adat Pengusaha Papua Kabupaten Merauke sebagai sebuah organisasi yang mengakomodir semua pengusaha asli Papua di Merauke,” jelas Koordinator Bidang Hukum dan HAM, Gabriel Ndawi, SH, MH.

Usai dilantik, sosialisasi gencar dilakukan untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat maupun para pihak yang belum mengenal KAPP.

Sekertaris KAPP, Yoseph Nautje menambahkan, sudah ada 60 Anggota KAPP. Sementara ini, pihaknya sedang melakukan pendataan kepada kelompok pengusaha yang ada di Merauke untuk segera menjalankan tugas dan fungsi KAPP kepada seluruh kelompok usaha yang ikut bergabung di dalamnya.

“Kami tegaskan, bahwa KAPP tidak berbicara soal kontraktor tapi sebagai pelaku usaha,” tutupnya.

Anda mungkin juga berminat