Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Transparan Terkait Ketersediaan Ruangan, RS Herlina Sorong Terapkan Sistem Bed Management

0 69

Sorong,TN – Sebagai salah satu pihak yang memegang peran penting dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) terus berupaya menerapkan berbagai inovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan untuk kepuasan peserta JKN-KIS.

Bed Management salah satunya, sistem yang berfokus pada pemberian informasi ketersediaan ruang rawat inap secara realtime kepada pasien atau peserta JKN-KIS untuk memberikan kepastian kepada pasien yang memerlukan kamar perawatan.

Salah satu FKRTL di Sorong yang telah menerapkan sistem Bed Management tersebut ialah Rumah Sakit Herlina Sorong.

Selaku IT Rumah Sakit Herlina Sorong, Reza R. Nainggolan mengungkapkan dengan diterapkannya sistem tersebut, pasien dapat dengan mudah mengetahui informasi tentang ketersediaan kamar rawat inap di rumah sakit.

“Sistem ini diharapan dapat disambut baik dengan positif oleh masyarakat. Karena ditampilkan dalam bentuk monitor yang ada di loket pendaftaran dan tepat di samping ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) sehingga dapat diakses oleh seluruh pasien. Sistem ini juga kami pastikan bersifat real-time, sehingga perubahan informasi akan langsung terupdate dan pasien dapat secara update mengetahui ketersediaan kamar rawat inap,” tuturnya belum lama ini.

Reza menambahkan peserta JKN-KIS juga dapat melihat ketersediaan kamar tidur dari warna-warna tempat tidur yang tersedia di monitor. Warna merah yang berarti kamar sudah penuh atau terisi, warna abu-abu menandakan kamar masih tersedia atau terdapat bed yang kosong.

“Selain tampilan ketersediaan ruangan, juga ditampilkan secara bergantian fasilitas apa saja yang didapat disetiap ruangan serta biaya per malam untuk setiap tipe ruangan. Jadi informasi yang diterima pasien jelas dan transparan,”ungkap Reza.

Sebagai penutup, Reza menambahkan pihak RS Herlina Sorong ke depannya akan lebih mengembangkan berbagai inovasi guna mendukung meningkatnya kualitas pelayanan di RS Herlina. Inovasi tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen RS Herlina Sorong untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan akses yang mudah didapati oleh pasien guna meningkatkan kepuasan peserta Program JKN-KIS.

Anda mungkin juga berminat