Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

TPKPHK-TP Siap Dampingi 4 Terduga Pelaku Kerusuhan Sorong

0 110

Sorong, TN- Sejumlah Advokad yang tergabung dalam Tim Pembela Kemanusiaan Penegak Hukum dan Keadilan Tanah Papua (TPKPHK-TP) Sorong Raya, memberikan pendampingan hukum terhadap 4 pelaku yang diduga terlibat dalam demo protes tindakan rasisme yang berujung rusuh di kota Sorong Papua Barat beberapa waktu lalu.

“Kami sedang melakukan pendampingan hukum terhadap empat orang masing-masing MA, OM, SM dan HE yang diamankan polisi beberapa hari lalu, namun jika ada keluarga terduga pelaku yang minta bantuan kami untuk dampingi, kami siap,” ujar Kordinator Tim Pembela Kemanusiaan Penegak Hukum dan Keadilan Tanah Papua Sorong Raya, Simon Soren, kepada awak media di Sekretariat PBHKP Sorong, Sabtu (7/9).

Dikatakan, untuk kota Sorong, sebanyak 3 orang masyarakat yang ditangkap dan satu orang merupakan aktivis perempuan ditangkap di Bandara Rendani Manokwari.

“Kami telah mendapat kuasa dan telah melakukan pendampingan terhadap tiga terduga yang sedang menjalani pemeriksaan di Polres Sorong Kota, kami juga akan mengecek satu orang yang ditangkap di bandara Manokwari,” imbuhnya.

Disamping itu, salah satu kuasa hukum Tim Pembela Kemanusiaan, Penegakan Hukum dan Keadilan Papua, Fernando M Ginuny, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mendampingi 4 orang terduga yang ditangkap polisi pasca rusuh tiga pekan lalu di Sorong.

“Kami akan terus melakukan pendampingan kepada keempat orang yang diduga terlibat dalam kerusuhan beberapa waktu lalu, namun kami masih pada asas praduga tak bersalah kepada terduga pelaku yang ada di Sorong, karena untuk menetapkan mereka sebagai tersangka, kan harus minimal punya 2 alat bukti,” tegas Nando.

Menurutnya, tim pembela kemanusiaan dan keadilan ini akan terus mendalami keberadaan terduga pelaku yang ditangkap polisi, apakah ketiga terduga pelaku itu, benar terlibat dalam aksi tersubut atau tidak.

Anda mungkin juga berminat