Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

TNI AL Gagalkan Pembajakan Kapal Minyak Di Perairan Laut Sorong

1 11.849

Sorong, TN -Jajaran Koarmada III berhasil menggagalkan pembajakan Kapal Motor (KM) Sartika 01 sebuah kapal minyak di perairan laut Sorong, Kamis (28/11).

Saat itu,  KSOP kota Sorong sedang memonitor tentang adanya tiga KM yang mencurigakan sesuai dengan ciri-ciri kapal dibajak akan memasuki perairan Sorong.  KSOP kota Sorong kemudian melakukan koordinasi dengan lantamal XIV terkait kapal tersebut.

Setelah laporan tersebut diterima Dansatrol dan diteruskan ke komandan Lantamal XIV, kemudian dilaporkan ke Pangkoarmada III. Selanjutnya Danlantamal memerintahkan Dansatrol untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang dicurigai dengan menggunakan KAL Wayag sekaligus berkoordinasi dengan  KSOP, Basarnas dan distrik Navigasi untuk meminta bantuan.

“Dalam upaya penangkapan tersebut, Danlantamal  juga memerintahkan Danyonmarhanlan XIV menyiapkan 1 SSK dan 1 Tim intel di area pelabuhan,”kata Asops Pangkoarmada III Kolonel Laut (t), Dato Rusman

Sebab, lanjut Rusman,  pada saat pemeriksaan, 1 dari kapal yang diperiksa melarikan diri dan menjauh dari KAL Wayag. Dankal lalu melaporkannya ke Kotas sehingga dilakukan pengejaran oleh tim VBSS kopaska dan pengamanan serta penyekatan oleh satuan samping (KSOP,  Navigasi dan Tim Kesehatan)

Dalam pengejaran tersebut juga terlihat kapal yang melarikan diri membuang 1 orang Anak Buah Kapal (ABK).

Tim Kopaska akhirnya berhasil mendekat ke KM selanjutnya melaksanakan VBSS dan menguasai kapal tersebut sekaligus menemukan Bahan Peledak ( Handak).

“Ada 5 orang pembajak yang diamankan. Setalah dilakukan interogasi lanjutan terhadap pembajak, didapati informasi bahwa dermaga pelabuhan sorong telah disabotase dengan dipasang handak di tiang penyangga dermaga,”terangnya.

Tim Kopaska kembali bergerak menuju dermaga pelabuhan Sorong dan berhasil menetralisir handak yang terpasang dengan melakukan disposal di perairan Sorong

Namun ditengah proses penjinakan handak tersebut,  4 orang yang diduga merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  ingin menyusup dan menggagalkan operasi tersebut.

4 orang yang di duga KKB berhasil dilumpuhkan oleh TNI AL. (Foto : TN /Mega)

Dengan cepat, Personil Yonmarhanlan berhasil menanggkap dan melumpuhkan 4 orang KKB tersebut.

“Ini adalah kegiatan rutin TNI angkatan laut  Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit Komando Armada III. Kegiatan Latihan Pengamanan Pelabuhan ini selama kurang lebih dua minggu. Latihan tersebut telah memasuki tahap manuver lapangan,”ungkapnya.

Latihan tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Koarmada III serta memelihara naluri tempur prajurit Satuan Pasukan Khusus TNI AL dalam melaksanakan kegiatan pengamanan di Dermaga Koarmada III dan wilayah perairan Sorong Papua Barat.

Menurutnya, Koarmada III sebagai salah satu unsur TNI di pelabuhan memerlukan kesiapan dengan bekerja sama dengan segenap pemangku kepentingan di pelabuhan untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban alur pelayaran di perairan Sorong.

Anda mungkin juga berminat