Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tinjau Pengamanan Angkutan Laut Lebaran, Lonjakan Penumpang Diperkirakan Tanggal 4 Mei

0 33

Sorong, TN – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E, M.M., meninjau kesiapan pengamanan angkutan laut Lebaran 1440 H tahun 2019, khususnya personel TNI Angkatan Laut yang ditugaskan sebagai Satuan Tugas Pengawalan di atas kapal Pelni dan Pengamanan angkutan laut lebaran umumnya di Pelabuhan Laut Kampung Baru, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (24/5).

Dalam kunjungan tersebut, Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong M. Takwim Masuku, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pangkoarmada III bersama para pejabat terkait meninjau Posko Terpadu Pelayanan Arus Mudik Lebaran dan Posko Keamanan Lantamal XIV Sorong yang berada di luar pelabuhan, kemudian ruang transit Pelabuhan Laut Kota Sorong sambil bersilaturahmi dengan para penumpang yang sedang menunggu keberangkatan kapal. Selanjutnya peninjauan ke dermaga sambil mencermati situasi dan kondisi pelabuhan secara umum.

Pangkoarmada III menekankan kepada para petugas instansi terkait di pelabuhan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan baik guna menjamin keamanan dan keselamatan penumpang, termasuk pelayanan fasilitas, pelayanan kesehatan, dan kenyamanan selama menunggu keberangkatan kapal. Ditekankan bahwa fasilitas yang perlu diperhatikan terutama keamanan dimana para pemudik keluar-masuk dapat merasa aman dan nyaman.

“Kita sudah sukses melaksanakan pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2019. Tentunya, kita juga berharap sukses dalam penyelenggaraan pelayanan angkutan mudik Lebaran, termasuk keamanannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Sorong mengatakan bahwa pelabuhan Sorong disiapkan untuk melayani kapal yang berkapasitas kurang lebih 3.500 penumpang, diantaranya KM Dorolonda yang akan sandar dan tolak/berangkat dari pelabuhan Sorong. Diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang sejak H-7 dengan rute pelayaran Ambon – Bau Bau – Sorong – Manokwari.

Puncak lonjakan penumpang diperkirakan pada tanggal 4 Mei 2019. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut telah disiagakan dua kapal cadangan.

Sedangkan pihak PT Pelindo Cabang Sorong menyiapkan angkutan darat lanjutan secara gratis bagi penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Kota Sorong ke sejumlah daerah. Pelayanan tersebut dikoordinasikan dengan kapal yang akan sandar agar diinformasikan kepada penumpang sebelum kapal sandar, sehingga para penumpang mengetahui pelayanan gratis tersebut.

Anda mungkin juga berminat