Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tingkatkan PAD, Pemprov Maluku Dorong Sektor Perikanan

0 60

Ambon, TN – Sektor Perikanan merupakan salah satu sumber peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Maluku. Untuk itu, sektor tersebut perlu terus didorong, agar sektor ini bisa menjadi andalan untuk mendatangkan PAD dimaksud.

“Potensi itu dapat dilihat dengan besaran produksi ikan secara nasional yang 30 persennya berasal dari Maluku. Nah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memerlukan perencanaan dengan desain sejumlah pusat pendaratan ikan, dan meminta Pemerintah Pusat untuk mendorong pihak ketiga masuk dan membangun di Maluku,” kata Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno saat Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam rangka Penyampaian Kata Akhir Fraksi terhadap Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2018 yang berlangsung di Gedung DPRD Provinsi Maluku, Kamis (15/8).

Menurut Wagub, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Eropa dan Amerika Serikat satu bulan yang lalu, telah menyurati Gubernur Maluku, Murad Ismail, bahwa akan menjadikan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sebagai salah satu pusat ekspor ikan di bagian selatan.

Olehnya itu, kata Wagub, Pemprov Maluku telah mengkoordinasikan hal ini dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD untuk menyambut peluang ini dengan mendorong penyiapan sejumlah infrastruktur, diantaranya, tenaga listrik dan fasilitas lainnya. “Mungkin kedepan bukan saja MBD, namun di Maluku bagian lainnya bisa dibuka. Dan ini bisa mendorong PAD kita,” ujar Wagub.

Anda mungkin juga berminat