Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tingkatkan Mutu Pelayanan Program JKN-KIS, Pemda Sorong Akan Bentuk Tim Terpadu

0 72

Sorong, TN– Dalam rangka menjaga sinergi, koordinasi dan komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan dan pemangku kepentingan utama, BPJS Kesehatan rutin mengadakan forum yang melibatkan para pemangku kepentingan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Forum koordinasi merupakan salah satu kegiatan rutin BPJS Kesehatan dan para pemangku kepentingan utama dalam membahas kerja sama selama beberapa periode.

Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya beberapa tujuan yang ingin dicapai seperti terwujudnya komunikasi yang baik, tercapainya pemahaman yang sama, serta mencari solusi dari permasalahan yang terjadi dilapangan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Harbu Hakim menyatakan salah satu fokus utama diadakannya forum tersebut ialah mengevaluasi pelaksanaan Program JKN-KIS mulai dari pelayanan faskes, permasalahan administrasi kependudukan, anggaran jaminan kesehatan daerah serta kepesertaan yang ada di Kabupaten Sorong.

“Sebagai pemangku kepentingan utama Program JKN-KIS, komitmen dan kontribusi dari berbagai pihak dibutuhkan untuk keberlangsungan program ini. Diharapkan dari pertemuan ini, setidaknya terdapat solusi atau kemajuan untuk implementasi JKN-KIS ini,” Jelas Harbu disela-sela sambutannya, Jumat (20/12).

Salah satu poin sinergi dari pertemuan tersebut ialah untuk membentuk Tim Terpadu di Kabupaten Sorong. Tim Terpadu tersebut terdiri dari Person in Charge (PIC) dari masing-masing pihak diantaranya Sekda, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan catatan Sipil, Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Sorong.

Pembentukan tim tersebut turut disepakati oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sorong, Olden Makpal yang turut hadir pada pertemuan tersebut. Menurutnya, pembentukan tim tersebut dapat meningkatkan mutu layanan JKN-KIS kedepannya.

“Tujuan dibentuknya tim terpadu ini ialah untuk berkoordinasi tentang menangani permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Sorong yang mengakibatkan terkendalanya pelayanan kesehatan bagi masyarakat,”jelasnya.

Selain Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sorong, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan BPKAD Kabupaten Sorong, Perwakilan Baperlitbang Daerah kabupaten Sorong, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, Perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Sorong, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong.

Anda mungkin juga berminat