Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tingkatkan Konsumsi Ikan Di Masyarakat, Pemkab Raja Ampat Gelar Festival Gemarikan 2019

0 225

Waisai, TN- Indonesia merupakan negara bahari dimana hasil lautnya tidak akan pernah berkurang untuk menghidupi masyarakat.

Akan tetapi, meski melimpahnya ikan, masih belum dioptimalkan oleh warga masyarakat, bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

Rendahnya tingkat konsumsi ikan membuat pemerintah berupaya melakukan terobosan baru dengan ditetapkannya tanggal 21 November sebagai Hari Ikan Nasional (Harkanas).

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, dalam menyongsong Hari Ikan Nasional 2019, menggelar event Festival Gemarikan Raja Ampat 2019 yang dipusatkan di pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Selasa (12/11).

“Kegiatan menyambut Harkanas ini merupakan agenda tahunan dari Kabupaten Raja Ampat, dan ini sudah kali ketiga dilakukan di Raja Ampat,” ujar kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Raja Ampat, melalui ketua panitia pelaksana Gemarikan 2019, Kasim, S.Pi, di pantai WTC, Senin (11/11).

“Inti dari kegiatan Gemarikan Raja Ampat ini juga, kami fokuskan melibatkan masyarakat secara umum, bahkan dari setiap distrik di Raja Ampat,” lanjutnya.

Menurutnya, salah satu sasaran utama adalah anak-anak usia dini hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dimana pemerintah terus berupaya agar rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia, khususnya di Raja Ampat semakin meningkat.

“Kegiatan Gemarikan ini, sebenarnya kami fokuskan kepada anak-anak sekolah, mulai dari usia dini hingga SMA karna ini yang diharapkan pemerintah,” jelas Kasim.

Dikatakan, tujuan Festival Gemarikan Raja Ampat 2019 ini sekaligus mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran guna memperkenalkan ikan sebagai salah satu bahan pangan dan mengomsumsi ikan sebagai salah satu sumber protein yang menyehatkan.

Anda mungkin juga berminat