Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tim SAR Kembali Temukan Kapal Hilang di Perairan Maluku

0 91

Ambon, TN – Tim SAR dari Basarnas Ambon kembali menemukan kapal yang dilaporkan hilang di perairan Maluku. Kapal Motor (KM) Arma Wijaya dilaporkan hilang bersama 13 penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) saat berlayar dari Tual menuju Pulau Tayando.

KM Arma Wijaya ditemukan regu penyelamat Pos SAR Tual, Jumat (8/3) malam. Kapal yang saat itu tengah membawa satu jenazah.

Kapal ini sempat hilang karena mesinnya mati serta hilang kontak pada titik koordinat 05′ 34′ 41″S-132-35′ 648″E. “Kapalnya ditemukan di dekat Pulau Dua, dan langsung dievakuasi oleh tim SAR,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin saat dihubungi Teropongnews.com, Sabtu (9/3).

Saat ditemukan, seluruh penumpang bersama ABK dalam keadaan selamat dan langsung dievakuasi menuju Kota Tual.

Para penumpang dan ABK yang dievakuasi, yakni Ali Subandrio (42), Lili Rumap (28), Wasiti Rahadap (32), Nuruis Wahadap (31), Wa Ode Rahadap (24), Ademan Ode (19), Sadar Rahadap (29), HJ Rauf Rahadap (48). Sedangkan ABK kapal yakni Irwan (35), Isaq (33) Rafiq (30), La Nini (28), Akmal (38).

Dengan demikian, kata Muslimin, maka operasi pencarian langsung dinyatakan selesai dan ditutup. “Operasi pencarian selesai. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada personel Brimob yang ikut dalam oeprasi kemanusiaan ini,” ujar dia.

Kapal Motor Arma Wijaya bertolak dari Pelabuhan Tual menuju Pulau Tayando Jumat (8/3), sekitar pukul 18.30 WIT. Namun, dalam pelayaran, kapal mengalami mati mesin dan akhirnya hilang kontak.

Tim SAR gabungan yang mendapatkan laporan kejadian itu langsung mengerahkan KN SAR Bharata untuk mencari kapal tersebut.

Anda mungkin juga berminat