Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Terima Instruksi Kemenkes, KKP Raja Ampat Mulai Siaga Virus Monkeypox

0 29

Waisai, TN – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sorong wilayah kerja Raja Ampat telah menerima instruksi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan berupa surat edaran bernomor : SR.03.04/II/1169/2019 tentang kewaspadaan importasi penyakit monkeypox.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sorong wilayah kerja (wilker) Raja Ampat, Sira Sambolingit kepada teropongnews, Kamis (23/5).

“Surat edaran ini sempat tidak saya perhatikan kalau sudah disebar kepada kami dan stakeholder terkait seperti dinas kesehatan, rumah sakit dan puskesmas. Namun seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tim kami sudah ketatkan pengawasan di pelabuhan Waisai untuk wisatawan, khususnya dari Singapura setelah temuan kasus monkeypox di Indonesia,” jelas Sira Sambolingit.

Kepada teropongnews.com, Ia pun menjelaskan instruksi yang diberikan kepadanya, yakni; pertama menyebarluaskan informasi tentang monkeypox kepada masyarakat.

Kedua, melakukan pengawasan yang lebih intensif kepada kru dan pelaku perjalanan dari Singapura, negara-negara Afrika Barat dan Afrika Tengah. Ketiga, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada kru dan pelaku perjalanan yang terdeteksi demam atau sakit yang diduga terkait monkeypox.

Keempat, meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan alat angkut untuk memastikan telah bebas dari rodent. Kelima, meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan dokumen kesehatan alat angkut.

“Dan kami juga dihimbau agar jika menemukan kasus monkeypox, segera dilaporkan kepada dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit dengan tembusan subdit kekarantinaan kesehatan dalam waktu 1×24 jam,” ungkap Sira Sambolingit.

Anda mungkin juga berminat