Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Target Pendapatan Belum Terpenuhi, Bupati Ajukan Penambahan Anggaran Belanja

0 86

Aimas, TN – Kendati umur Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019 tinggal 4 bulan lagi, target perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditetapkan Pemkab Sorong hingga kini belum terpenuhi. Meski begitu, Bupati Johny Kamuru justru mengajukan penambahan anggaran belanja ke DPRD.

Pengajuan itu dituangkan Dr. Johny Kamuru SH. MSi yang pada 22 Agustus 2019 lalu genap 2 tahun menjadi Bupati Sorong, melalui  Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) Tahun 2019, yang materinya dibacakan Wakil Bupati Sorong dalam Rapat Paripurna II di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Sorong,  Jl Sorong-Klamono Km 18, Sabtu (24/8/2019).

“Pemerintah pusat pada tahun ini tidak melaksanakan APBN Perubahan. Hal ini tentu berdampak pada alokasi penerimaan daerah sehingga di daerah tidak ada penambahan alokasi dana transfer. Sementara dari pendapatan asli daerah, sampai dengan disusunnya materi ini belum mencapai target penerimaan seperti apa yang diharapkan,” kata Suko Harjono S.Sos saat membacakan materi KUPA.

Karena tidak ada dana transfer dari pemerintah pusat, sementara target PAD belum juga terpenuhi, penambahan anggaran yang diajukan dalam APBD Perubahan itu diambilkan dari dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) tahun 2018.

Penambahan anggaran belanja itu, kata Bupati, digunakan untuk mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintah daerah dalam melaksanakan urusan program kegiatan pembangunan yang terdiri dari urusan wajib dan urusan pilihan yang ditetapkan.

Diantara program yang masuk dalam pos prioritas pembiayaan melalui anggaran perubahan itu, adalah penertiban aset pemerintah, pengadaan sertifikat tanah aset Pemkab Sorong, Bimbingan teknis e-planning, pembangunan jaringan komunikasi data antar OPD dan pengadaan buku bacaan interaksi kontekstual bahasa Moi.

Selain itu, anggaran perubahan  juga akan digunakan untuk operasional dan relokasi RSUD Kabsor yang saat ini beradadari Kota Sorong ke RSUD yang baru di Jl. Sorong-Klamono KM 22, kegiatan penanggulangan sampah, pemasangan jaringan listrik dan lampu jalan, kegiatan penataan lingkungan Kampung Inggris serta pengadaan Bus Sekolah.

Usai dibacakan, materi KUPA itu kemudian di serahkan ke DPRD untuk dibahas di tingkat fraksi. Ketua DPRD Kabsor, Adam Klow ditemui usai rapat paripura mengatakan, anggota dewan akan menyetujui apa yang ajukan Bupati, mengingat anggaran tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka pembangunan daerah.

“Tapi secara mekanisme, akan kita bahas dulu di fraksi, nanti akan ada penyampaian pendapat fraksi dalam paripurna berikutnya,” kata Adam Klow, yang juga politisi Partai Golkar ini.

Anda mungkin juga berminat