Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tahun Ini, Disnaker Trans Merauke Prioritaskan Penyerapan Tenaga Kerja OAP

0 130

Merauke, TN – Penyerapan tenaga kerja oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker Trans) Kabupaten Merauke tahun 2020 ini akan diprioritaskan bagi Orang Asli Papua (OAP).

Hal ini dilakukan supaya ada kesetaraan antara pekerja OAP dengan pekerja pendatang yang diserap pada semua perusahan yang ada di Merauke.

“Supaya ada keseimbangan antara tenaga kerja dari kami OAP dengan yang dari luar,” ucap Kadisnaker Trans, Kleopas Ndiken, Senin (20/01) di Merauke.

Sebelum dilepas ke perusahaan, pihak dinas punya kewajiban untuk menyiapkan SDM OAP maupun pendatang sebelum direkrut perusahaan. Dengan melakukan seleksi, pelatihan, pendampingan bahkan melakukan pelatihan keluar Papua.

Dikatakan, dari peserta yang nanti akan dikirim untuk pemagangan di luar Papua tahun ini sekitar 75-80 persen didominasi OAP. Seleksi sudah dilakukan sejak 18 Januari 2020 untuk pelatihan yang akan dilaksanakan di Medan jurusan Pariwisata selama tiga bulan.

“Hari ini dilaksanakan pleno di Makassar untuk menentukan berapa yang lolos. Kemarin ada 53 pendaftar, ikut seleksi 18 orang, nanti kita akan lihat berapa yang bisa difasilitasi,” tambah Kleopas.

Kata Dia, di tahun 2019, dari 1600 tenaga kerja yang telah dilatih Disnaker Trans, jumlah OAP mencapai 170 orang yang diterima di beberapa perusahan di Merauke dalam beberapa jabatan.

Untuk 2020, Disnaker Merauke akan mengirim perwakilan staf ke perusahaan kelapa sawit guna mengidentifikasikan kebutuhan perusahan terhadap pekerja, berapa banyak yang nanti dibutuhkan dan apa saja jabatannya.

Anda mungkin juga berminat