Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tahun Ajaran Baru, Merauke Akan Terapkan Zonasi Pendidikan

0 54

Merauke, TN – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Sonny Betaubun menyampaikan mulai tahun ini, sekolah-sekolah negeri dan inpres di Kota Merauke mulai diterapkan zonasi pendidikan.

Zonasi pendidikan yang diterapkan adalah sekolah tersebut wajib mengutamakan para peserta didik baru yang jarak antara domisili dan sekolahnya kurang lebih tiga kilometer.

“Berdasarkan peraturan pendidikan nomor 51 tahun 2018 kita akan menentukan zonasi pendidikan untuk sekolah negeri dan inpres,” jelasnya di Merauke, Senin (17/06/19).

Ia mengatakan, Penentuan zonasi ini mengutamakan terlebih dahulu peserta didik yang jarak rumah dan sekolahnya berdekatan, agar memudahkan siswa untuk datang ke sekolah. Selain itu, jarak sekolah yang dekat juga mengurangi biaya transportasi.

Dalam sistem zonasi pendidikan, Sonny menegaskan tidak ada lagi sistem test atau standar nilai terbaik. Siswa yang tempat tinggalnya berada di sekitar sekolah harus diterima di sekolah terdekat.

“Kalau sebelumnya, siswa yang rumahnya dekat sekolah negeri tidak bisa masuk di sekolah tersebut karena ditentukan berdasarkan nilai terbaik. Padahal kurikulum kita sama menggunakan K-13, makanya kita harus menggunakan zonasi pendidikan,” tambahnya.

Dinas Pendidikan sudah menyiapkan peta zonasi pendidikan terhadap sekolah-sekolah dimaksud. Peta itu akan diedarkan kepada para kepala sekolah untuk diketahui dan diterapkan. Dalam peta tersebut terdapat petunjuk jarak yang tidak boleh dilewati.

“Kita buat tanda panah, jarak dari sini ke sini harus ke sekolah ini. Formulir yang diisi orang tua harus sudah sesuai zonasi itu,”tandasnya.

Anda mungkin juga berminat