Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tahapan Pemilukada Di Merauke Diawali Dengan Doa Bersama Lintas Agama

0 64

Merauke, TN – KPUD Kabupaten Merauke menggelar doa bersama dalam mengawali tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Merauke tahun 2019.

Doa bersama dilaksanakan di Halaman Kantor KPU, Sabtu (19/10) dipimpin lima perwakilan lintas agama dari Katolik, Protestan, Islam, Hindu dan Budha. Dihadiri oleh seluruh komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, ketua parpol, toga, tomas dan pemerintah daerah.

Sekda Merauke, Drs. Daniel Pauta dalam sambutannya mengajak semua pihak terlibat aktif memberikan dukungan penuh serta memelihara dan merawat kesatuan dan persatu di wilayah Merauke.

“Apapun yang kita mau lakukan, kalau tidak ada persatuan pasti tidak berjalan sesuai yang diinginkan,” ucap Sekda.

Ia juga menkankan semua pihak tidak memaksakan masyarakat untuk memilih calon tertentu. Soal pilihan, biarlah yang berasal dari suara hati rakyat.

“Kita berharap tahun kita akan mendapatkan pemimpin yang amanah untuk mencurahkan perhatian sebesar besarnya untuk yang terbesar, yaitu untuk rakyat. Pemda mendukung secara penuh, apa yang kita siapakah digunakan sebaik baiknya sesuai tujuan, supaya tepat sasaran dan dipertanggungjawabkan secara baik,” tambah Daniel Pauta.

Anggota Komisioner Bawaslu, Saverius, kesempata yang sama menyampaikan, suksesnya Pemilu tergantung pada komitmen bersama untuk bekerja sama melakukan pengawalan selama perjalanan proses pemilihan.

Tahun ini, di Indonesia, ada 9 provinsi 224 kabupaten dan 37 kota yang akan melaksanakan Pemilu Kada. Khusus di Papua ada 11 kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati 2020. Pelaksanaan tahapan Pilkada sudah dilakukan launching pilkada secara serentak tingkat nasional, dan provinsi awal Oktober lalu.

“Hari ini kita launching dimulainya tahapan Pemilu yang dikemas melalui doa bersama. Sesuai dengan PKPU nomor 15 tahun 2019, tahapan Pemilu Kada dimulai tahun 2019. Kami KPU optimis dan siap melaksanakan tahap pilkada 2020,” ucap Ketua KPU, Theresia Mahuze.

Usai doa lintas agama, dilanjutkan pelepasan balon ke udara sebagai tanda proses dan tahapan Pemilu Kada di Merauke sudah berjalan.

Anda mungkin juga berminat