Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tahanan Makar dan Terorisme Asal Maluku Minta Bebas

0 31

Ambon, TN – Koordinator Maluku Crisis Center (MCC), Ikhsan Tualeka meminta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), agar dapat juga mengabulkan grasi yang telah diajukan sejumlah tahanan terorisme dan makar yang berasal dari Provinsi Maluku.

Ini menyusul pembebasan tanpa syarat terhadap Ustad Abu Bakar Ba’asyir. MCC menilai, pembebasan ini sebagai sebuah langkah maju atas dasar kemanusiaan yang diberikan Presiden Jokowi.

Sejumlah tahanan politik dari Maluku yang sudah mengajukan grasi diantaranya Ongen Pattimura untuk kasus terorisme, serta Ruben Saija dan Johanis Saija, untuk kasus makar.

“Ini tentunya langkah maju yang perlu diapresiasi. Nah terkait itu, dari Maluku ada sejumlah tahanan politik, baik itu kasus dugaan makar maupun kasus dugaan terorisme. Kami dari MCC memohon kepada Bapak Presiden Jokowi juga bisa memberikan pembebasan pada para tahanan politik tersebut,” pintanya kepada wartawan di Ambon, Selasa (22/1).

Menurutnya, permohonan pembebasan tanpa syarat kepada para tahanan politik tersebut diharapkan dapat dikabulkan berdasarkan pertimbangan kemanusiaan pula. Di sisi lain, tiga tahanan itu sudah menjalani masa hukuman lebih dari 10 tahun.

“Mereka sudah ajukan grasi. Kalau Ruben Saija dan Johanis Saija ajukan grasi pada 29 Juni 2018. Artinya mereka meminta pengampunan dari Bapak Presiden,” katanya.

Sebagai wadah untuk memperjuangakan hal-hal terkait kepentingan masyarakat Maluku, MCC siap membantu pihak keluarga tahanan politik dalam konteks kasus terorisme dan makar yang ingin mengajukan grasi.

“Kami siap membantu juga atas nama keadilan dan kemanusian. Termasuk grasi-grasi lain yang sebelumnya pernah disampaikan,” terangnya.

Dia katakan, pembebasan tanpa syarat yang dilakukan Presiden terhadap tahanan terorisme Abu Bakar Ba’asyir merupakan sebuah langkah maju dan perlu diapresiasi.

“Kita memberikan apresiasi yang besar terhadap bapak Presiden Jokowi yang atas pertimbangan kemanusian telah membebaskan tanpa syarat Ustad Abubakar Ba’asyir,” tandasnya.(*)

Anda mungkin juga berminat