Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tadi Pagi, Gubernur Papua Bersama Istri Nyoblos Susulan di TPS 43 Argapura

0 54

Jayapura, TN – Setelah sempat mengungkapkan kekecewaan lantaran tertundanya pencoblosan pada 17 April, akhirnya Kamis (18/4) sekitar Pukul 10.00 WIT, Gubernur Papua Lukas Enembe di dampingi Istri, Yulce Enembe menyalurkan hak suaranya pada Pemilu susulan di TPS 043 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan.

Sebagaimana tahapan pencoblosan, Gubernur bersama Istri mengambil 5 surat suara Pemilu yang disediakan KPPS dan melakukan pencoblosan.

Usai mencoblos, Enembe mengatakan keyakinannya, bahwa dengan tertundanya pencoblosan untuk dua distrik di Kota Jayapura, banyak masyarakat yang berhalangan menyalurkan hak politiknya, lantaran Pemilu susulan dilakukan pada hari kerja.

“Hari ini kita sebagai warga negara yang punya hak memilih datang ke TPS. Saya yakin hari banyak orang tidak datang (ke TPS) karena sebagian besar orang kerja,” katanya.

Meski demikian, Gubernur berharap masyarkat yang belum menyalurkan suaranya di 2 distrik ini, dapat meluangkan waktu sejenak untuk memberikan hak suara. ” Ini moment hanya 5 tahun sekali, jadi saya harap masyarakat bisa datang mencoblos,” katanya.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, secara umum pelaksanaan Pemilu berlangsung aman dan tertib, meski diakui ada beberapa titik di daerah yang mengalami keterlambatan. Ia mengaku masalah yang terjadi dikarenakan terhambatnya distribusi logistik yang berkaitan penerbangan.

“Hanya ada beberapa TPS di pegunungan dan Kota Jayapura mengalami penundaan. Kalau yang dipegunungan karena cuaca, distribusi logistik dengan pesawat,” katanya.

Kepala TPS 043 Argapura, Mathias Wiram menyebut jumlah DPT di TPS tersebut sebanyak 195, dimana surat suara yang diterima sebanyak 199 lembar. Pelaksanaan pemilu susulan di TPS tersebut dan 701 TPS lainnya di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan mengalami keterlambatan karena faktor logistik.

Anda mungkin juga berminat