Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Surat Suara Pengganti Yang Rusak Telah Dikirim ke Waisai, KPU R4 Pastikan Pemilu Berjalan Aman

0 53

Waisai, TN- 11 hari jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, sebanyak 1.401 surat suara rusak yang diterima KPU kabupaten Raja Ampat.

Untuk menggantikan surat suara yang rusak, kini KPU Raja Ampat, sudah mengajukan pergantian surat suara yang rusak saat ditemukan selama penyortiran dan pelipatan, kepada KPU Papua Barat dan KPU RI.

“Kalau untuk surat suara yang rusak itu, kami sudah mengajukannya ke KPU Papua Barat dan diteruskan ke KPU RI untuk menggantikannya, sesuai berita acara yang ditandatangani bersama Bawaslu,” ujar Komisioner KPU Raja Ampat, Bidang Hukum dan Pengawasan Muslim Saifuddin, Senin (8/4).

Rekapitulasi hasil sortir dan pelipatan surat suara di KPU Raja Ampat. Fotonist.

Dikatakan, suarat suara yang rusak kini sebagian sudah tiba, sebagiannya lagi akan tiba esok atau lusa, dan langsung disortir dan dilipat.

“Tiba di Waisai nanti, surat suara tersebut, nanti dikawal langsung oleh Bawaslu Raja Ampat dan Polres Raja Ampat,” jelasnya.

Menurutnya, surat suara yang rusak, sudah dilaporkan langsung ke KPU Provinsi dan KPU RI. Pihaknya tetap berupaya, sebelum proses pencoblosan 17 April 2019, seluruh kekurangan tersebut, sudah dilengkapi.

Mengingat kabupaten Raja Ampat memiliki topografi wilayah kepulauan, maka KPU Raja Ampat berencana seminggu sebelum hari pencoblosan, seluruh logistik surat suara sudah mulai digeserkan ke sejumlah Derah Pemilihan (Dapil) di luar kota Waisai.

Anda mungkin juga berminat