Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sulsel–India Jajaki Peluang Kerjasama Perdagangan Dan Industri Sutera

0 45

Makassar, TN – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (14/1). Pertemuan ini membahas tentang berbagai potensi kerjasama, seperti pendidikan, budaya dan dunia usaha.

Kepada Duta Besar India untuk Indonesia, Nurdin Abdullah menawarkan pengembangan sutera. Karena Sulsel khususnya Wajo, merupakan daerah penghasil sutera, demikian juga dengan India.

“India terkenal dengan silknya. Kita ingin, proses tradisional untuk ke sutera itu akan kita pertahankan. Tetapi, kita harus meningkatkan dengan produksi yang lebih besar,” kata Nurdin Abdullah.

Sementara, Pradeep menilai industri sutra dapat berkembang dengan baik di Sulsel, karena memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Kerjasama lainnya bisa dikembangkan.
“Banyak kesempatan untuk kami bisa bekerjasama dengan pengusaha dan penduduk Sulawesi Selatan. Selain itu, juga punya tradisi tentang sutera yang kuat,” ujarnya.

Indonesia, khususnya Wajo dan India, adalah daerah yang sama-sama memiliki tradisi sutera yang kuat. Sehingga, perdagangan sutera Wajo dapat terhubung dengan perdagangan sutera India.

Nurdin Abdullah dan Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar, kemudian saling bertukar cinderamata, usai melakukan diskusi soal potensi kerjasama antara Sulawesi Selatan dan India.

Pradeep memberikan perangko bergambar tokoh pemimpin spiritual dan gerakan kemerdekaan India, Mahatma Ghandi. Perangko tersebut adalah adalah perangko khusus untuk memperingati 150 tahun kelahiran Mahatma Ghandi, dan dirilis atas kerjasama Indonesia dan India.

Selain perangko, Pradeep juga menyerahkan keramik, buku Kesamaan India-Indonesia (Still in Step), serta sebuah kaset film India atau film Bollywood.

Anda mungkin juga berminat