Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sulsel Dianggap Cocok Jadi Sentra Bibit Unggul Kakao Nasional

0 40

Makassar, TN – Kementerian Pertanian (Kementan) akan menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi sentra bibit unggul kakao nasional. Untuk itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan dari jauh-jauh hari telah menyiapkan benih unggul kakao yang akan ditanam di sejumlah klaster sentra kakao.

“Selain kakao ada juga benih unggul lainnya seperti kopi, lada dan sejumlah komoditas perkebunan yang disiapkan untuk mendorong pengembangan perkebunan Sulsel. Nah, untuk bisa mempermudah penyebaran benih unggul, kami telah membuat model desa mandiri benih untuk membuat kebun benih inti. Selanjutnya kami akan bekerjasama dengan penangkar. Sehingga, benih unggul mudah diperoleh di setiap sentra atau wilayah perkebunan,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan RI, Fadjry Djufry lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Makassar, Jumat (24/5).

Dia mengaku, di setiap sentra perkebunan sudah disiapkan kebun bibit inti. Ini dimaksudkan, agar pengembangan komoditasnya akan lebih mudah.

“Saya kira, perkebunan di Sulsel tak harus mengandalkan bibit dari Jawa Timur, karena selain ongkos kirimnya mahal, tingkat kematiannya juga tinggi,” ujarnya.

Pihaknya, menurut Djufry, juga telah membuat klaster sejumlah komoditas perkebunan seperti kopi, lada dan kakao, contohnya kopi di TanaToraja.

“Sehingga kebun bibit unggulnya kita bangun di sentra kopi tersebut. Kebun bibit ini juga bisa dijadikan tempat wisata,” kata dia.

Anda mungkin juga berminat