Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Speedboat Rute Sofifi Tenggelam Dihantam Ombak

0 214

Ternate, TN – Sebuah speedboat rute Jailolo-Sofifi, Provinsi Maluku Utara tenggelam, dihantam gelombang tinggi di perairan Oba Tidore, Jumat (15/3).

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, pada pukul 18.10 WIT, pihaknya menerima informasi dari Ritno, anggota Polairud Polda Maluku Utara, bahwa speedboat rute Jailolo – Sofifi mengalami mati mesin dengan jarak 5,83 NM dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

“Setelah menerima informasi tersebut, pukul 18.41 WIT tim Basarnas Ternate bersama anggota Polairud bergerak ke lokasi di Perairan Desa Maftutu, Tidore, untuk melakukan evakuasi. Tapi sebagian sudah di evakuasi oleh speedboat milik masyarakat menuju Pelabuhan Ferry Tidore,” katanya lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Minggu (17/3).

Pukul 19.05 WIT, kata dia, tim Basarnas tiba di Pelabuhan Ferry Tidore dan langsung mengevakuasi seluruh korban menuju Ternate. “Kami tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pukul 19.55 WIT. Alhamdulillah seluruh korban selamat,” jelasnya.

Dia kemudian membeberkan data korban yakni, Opo (nakhoda) Ladae (Penanggung jawab mesin/KKM), Jakub, Kamsun, Azhari, Hamka, Miran, Tatruani, Ruraida, Asnawia, Anita Pauwang, Ade Umiayati Mayau, dan Jemmy Panduko.

Sementara itu, Kepala Unit Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan Penyeberangan Kelas 3 Kota Tidore Kepulauan, Rosihan Gam Cim, mengimbau kepada para nakhoda agar memprioritaskan keselamatan.

“Sehubungan dengan perubahan cuaca perairan yang cukup ekstrim, saya mengimbau kepada nakhoda serta motoris speedboat yang beroperasi di perairan Tidore agar mengantisipasi cuaca tersebut,” himbau Rosihan.

Anda mungkin juga berminat