Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Speedboat Delta Tabrak Kapal, Gadis 10 Tahun Putus Tangan

0 70

Ternate, TN – Kecelakaan di laut kembali terjadi antara sebuah kapal kayu bernama Mila yang berlayar dari Pelabuhan Penyeberangan Rum Tidore menuju ke Ternate, Sabtu (22/6). Saat hendak bersandar, tiba-tiba speedboat Delta yang dikemudikan MK (27) dan Anak Buah Kapal (ABK) JB (16), menabrak lambung kapal Mila yang dinakhodai IF (35) dan ABK BK (46). Nasib naas menimpa salah penumpang bernama Lutfiana Rahmawati Jabir (10), yang tengah mengeluarkan tangan kirinya di jendela kapal Mila.

“Tabrakan ini menyebabkan tangan korban yang berasal dari Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan itu langsung putus di bagian siku. Dokter RSUD Chasan Boesoiri angkat tangan, karena tangan korban tidak bisa disambung lagi, karena banyak tendon dan saraf putus,” kata Direktur Polisi Perairan dan Udara Polda Maluku Utara, Kombes Pol Arif Budi Winofa kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (26/7).

Menurut Winofa, baik speedboat Delta maupun kapal kayu Mila, ternyata tidak mengantongi surat Izin Berlayar (SIB). Kini penjara menanti dua nahkoda kapal. Kini keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Jadi selain kedua nahkoda ini lalai, mereka juga tidak mengantongi surat izin berlayar. Kedua nahkoda itu sudah kami tetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini,” tandas Winofa.

Dihubungi terpisah, Kepala Pos Pelabuhan Bastiong Ternate, Ibrahim Kaufua mengakui, kapal kayu dan Speedboat Delta memang tidak mengantongi SIB. “Termasuk izin dari Syahbandar setempat,” kata dia singkat.

Anda mungkin juga berminat