Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sohilait : Penghargaan Adipura Bagi Kota Ambon Hanya “Hadiah”

0 34

Ambon, TN – Founder Green Moluccas, Irene Sohilait menilai, penghargaan Adipura yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup bagi Kota Ambon hanyalah sebuah “hadiah” belaka. Pasalnya, kendati sudah memperoleh tujuh penghargaan Adipura, namun ternayata sampah masih saja menjadi masalah di kota ini.

“Penghargaan adipura tersebut harus menjadi cambuk bagi kita semua, seluruh stakeholder di Kota Ambon, agar terus berbenah dan memperbaiki kondisi pengelolaan sampah di sini,” Founder Green Moluccas, Irene Sohilait kepada wartawan, di Ambon, Kamis (17/1).

Menurut Irene, penghargaan Adipura merupakan salah satu penghargaan yang membuat masyarakat Ambon turut berbangga, karena menjadi kota terbersih dalam kategori kota sedang. Namun sayangnya, masyarakat masih belum sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Tidak dapat dipungkiri, masih saja terlihat banyak sampah diberbagai lokasi. Apalagi bila terjadi hujan deras dapat terlihat begitu banyak sampah yang menumpuk, apalagi pada selokan-selokan,” terangnya.

Irene menyebutkan, untuk penilaian Adipura sendiri, banyak faktor dan indikator penilaian yang membuat sebuah kota dapat memperoleh penghargaan tersebut.

“Salah satu indikator dengan nilai tertinggi adalah pengelolaan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir Kami (TPA). Kami bersyukur, karena pengelolaan sampah di TPA Toisapu mampu memberikan nilai terbaik yang turut memberi kontribusi bagi Kota Ambon dalam meraih penghargaan adipura,” ungkapnya.

Bagi dia, penghargaan ini juga dapat menjadi pemicu pemerintah agar terus bekerjasama dengan berbagai pihak, untuk mewujudkan Ambon sebagai kota yang bersih, indah dan hijau secara berkelanjutan.(*)

Anda mungkin juga berminat