Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Soal Penanganan Sampah, Wa Ode: Kita Harus Mulai dari Sekarang

0 38

Aimas, TN – Pemerintah Kabupaten Sorong harus mengantisipasi sejak dini, dengan membuat strategi yang tepat dalam penanganan sampah. Sebab dengan dibukanya akses sejumlah fasilitas publik, tentu akan menarik minat orang luar kabupaten untuk datang dan ini akan membangkitkan naluri masyarakat untuk membuka usaha.

Hal ini disampaikan Dr. Wa Ode Likewati SE.MM, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia, dalam rapat bersama Bupati dan para stake holder terkait pengelolaan sampah, di Ruang Pola Kantor Bupati Sorong, Kamis (5/9).

Menurutnya, disadari atau tidak, Kabupaten Sorong saat ini sudah menjadi daerah yang cukup menarik perhatian orang luar kabupaten. Apalagi dengan kondisi keamanan dan ketertiban, ketika kota-kota lain terjadi kericuhan akibat insiden mahaiswa Papua di Surabaya beberapa waktu lalu, Kabupaten Sorong begitu kondusif. “Banyak orang bertanya-tanya, ada apa di Kabupaten Sorong kok bisa begitu (kondusif),” kata Wa Ode.

Perhatian warga luar Kabupaten Sorong masih berlanjut ketika pemerintah memutuskan untuk memblokir sementara layanan jaringan internet. Saat itu, banyak orang dari Kota Sorong yang datang ke Aimas untuk berburu sinyal data.”Imbas yang muncul adalah, banyak sampah yang tercecer dimana-mana,” ujarnya.

Ke depan, ditambahkan Wa Ode, dengan dibukanya sejumlah fasilitas publik yang itu tidak dimiliki kabupaten lain, maka akan menjadikan Kabupaten Sorong bagai madu bagi warga Kota Sorong maupun warga dari kota lain di Papua dan Papua Barat. Dampak positif yang muncul dari kondisi ini, adalah perekonomian akan terdongkrak. Masyarakat akan bergeliat untuk membuka ladang usaha.

“Akhir kata, penutupnya adalah sampah yang terkumpul. Jadi kalau kita tidak mulai sekarang membangun link, memperkuat strategi kita dalam pengelolaan sampah. Kalau tidak, jangan kaget jika nanti sudah terjadi sampah yang menumpuk, kita baru bangun strateginya. Jadi saya setuju sekali kalau mulai saat ini kita membangun kolaborasi, koordinasi sehingga kedepan kita bisa sama-sama menghasilkan seuatu yang indah dan bersih bagi kabupaten tercinta ini,” tandasnya. *

Anda mungkin juga berminat