Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Soal Pelantikan Pimpinan Definitif, DPRD Maluku Masih Menunggu SK Mendagri

0 97

Ambon, TN – Hingga saat ini, Sekretariat DPRD Provinsi Maluku masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, terkait dengan proses pelantikan pimpinan DPRD Provinsi Maluku definitif periode 2019-2024.

“Nah, kan sudah ada pimpinan sementara yang sudah ditetapkan lewat rapat paripurna. Mereka adalah, Lucky Wattimury sebagai Ketua DPRD Provinsi Maluku (PDIP), Richard Rahakbauw sebagai Wakil Ketua I (Partai Golkar), Melkianus Sairdekut sebagai Wakil Ketua II (Partai Gerindra), dan Aziz Sangkala sebagai Wakil Ketua III (PKS). Usai penetapan, suratnya sudah kami kirimkan ke Mendagri, namun sampai hari ini SK Mendagri belum kami terima,” kata Ketua DPRD Provinsi Maluku Sementara, Lucky Wattimury kepada wartawan, diruang kerjanya, Sabtu (12/10).

Menurut dia, untuk mempercepat agar SK Mendagri segera dikeluarkan, maka pihaknya intens membangun koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku melalui Biro Pemerintahan, dan saat ini SK tersebut sementara diproses.

“Jadi, aturan menjelaskan pengusulan ke Kementerian Dalam Negeri dilakukan melalui Gubernur Maluku. Kita berharap, prosesnya bisa berjalan dengan cepat, sehingga sudah ada keputusan Mendagri, terkait pelantikan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Provinsi Maluku yang difinitif,” kata Wattimury.

Untuk itu, Wattimury meminta Pemprov Maluku bisa berperan aktif, dengan melakukan koordinasi secara intensif dengan Pemerintah Pusat (Pempus), agar SK pimpinan DPRD Provinsi Maluku definitif bisa segera diterima.

“SK pimpinan DPRD Provinsi Maluku sangat penting, agar pelantikan bisa segera dilakukan untuk selanjutnya DPRD bekerja karena banyak masalah yang harus segera diselesaikan oleh alat kelengkapan dewan,” ujar dia.

Agar tidak membuang-buang waktu, kata Wattimury, maka pihaknya sudah meminta kepada setiap fraksi di DPRD Provinsi Maluku, untuk segera mengusulkan nama-nama anggota fraksinya, untuk ditempatkan di sejumlah alat kelengkapan dewan.

“Kita berharap, hari ini SK Mendagri sudah diterima, agar proses pelantikannya bisa dilakukan pada Senin (14/10) nanti,” harap Wattimury.

Anda mungkin juga berminat