Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Soal Kepulangan Mahasiswa Papua, Gubernur : Daerah Ini Aman, Untuk Apa Pulang

0 80

Jayapura, TN – Gubernur Papua, Lukas Enembe mengaku pusing lantaran kepulangan ratusan mahasiswa asal Papua yang menempuh studi di beberapa kota di luar Papua. Pasalnya, kepulangan ratusan masiswa ini tanpa laporan kepada kepada Pemerintah.

“Mereka pulang sendiri, tanpa ada pemberihuan. Kita ini pusing, mau atur mereka taruh di mana?,” kata Gubernur kepada wartawan di Gedung Negara, Senin (9/9).

Kata Gubernur, kepulangan para mahasiswa yang sebagian besar dari Sulawesi Utara itu, bukan atas perintah Pemerintah Provinsi Papua, melainkan kemauan mereka sendiri.

“Tidak ada perintah mereka pulang,” kata Gubernur yang juga mengaku data terakhir yang diterimanya sekitar 300 san mahasiswa sudah kembali kembali ke Papua.

Memang sebelumnya, aku Gubernur, dirinya pernah menghimbau jika tidak aman, maka pemerintah akan pulangkan para mahasiswa kembali ke Papua.

“Memang waktu itu saya sampaikan, kalau tidak aman ya pemerintah pulangkan. Tapi ini daerah aman, kenapa pulang? Untuk apa? Itu kemauan mereka sendiri,” ketus Gubernur.

Untuk selanjutnya, sambung Gubernur, Pemerintah Papua akan melakukan komunikasi dengan pemerintah Papua Barat untuk membahas soal kepulangan para masiswa ini.

“Kita akan bicarakan ini dengan Gubernur Papua Barat, MRPB, Rektor UNIPA untuk bicarakan soal kepulangan para mahasiswa dalam jumlah besar ini,” katanya.

Soal kemungkinan para mahasiswa tersebut kembali ke kota studinya, Gubernur mengaku hal tersebut bisa saja terjadi. “Bisa saja, tergantung mereka,” kata Gubernur singkat.

Sebelumnya, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda membenarkan para mahasiswa Papua yang studi di beberapa kota di Indonesia sudah mulai kembali ke Papua. Yunus Wonda meminta Biro Otsus Papua, untuk melakukan pendataan para mahasiswa ini terkhususnya mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Dana Otsus.

Anda mungkin juga berminat