Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

SKK Migas Pamalu dan PWI Papua Barat Gelar Uji Kompetensi Wartawan

0 172

Sorong, TN – Komitmen untuk menjalin hubungan harmonis antara Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) Perwakilan Papua, Ambon dan Maluku (Pamalu) dengan jajaran wartawan, terus bergulir.

Setidaknya hal ini tercermin dari kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang berlangsung di Hotel Belagri Kota Sorong, yang berlangsung selama dua hari, mulai Senin (11/11/2019), bekerjasama dengan Pengurus PWI Papua Barat. Kegiatan sertifikasi untuk menguji kompetensi jurnalis ini, sebelumnya juga dilaksanakan di Tanimbar, Maluku.

“Setelah mengikuti UKW ini, kami berharap ada output yang positif dari wartawan dalam memahami kegiatan kami di hulu migas. Kami ingin teman-teman wartawan ini lebih profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” kata Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, Galih W. Agusetiawan.

UKW ini diikuti para wartawan dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Teluk Bintuni, Raja Ampat dan Kota Manokwari. Sebagai penguji, didatangkan empat jurnalis senior dari PWI Pusat dan PWI di Makassar.

UKW dilaksanakan berdasarkan Peraturan Dewan Pers Nomor  1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan serta menghindari terjadinya penyalahgunaan profesi wartawan

Suhardi, salah seorang penguji menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa wartawan harus mengikuti memiliki sertifikat kompetensi. Pertama, mengindari adanya penumpang gelap di profesi jurnalis, dimana orang yang tidak memiliki kompetensi wartawan, mengaku sebagai wartawan.

Kemudian untuk mewujudkan wartawan yang profesional. Saat ini, masih banyak wartawan yang tidak profesional, dalam arti ada wartawan yang tidak bisa membuat berita, tidak bisa menyiarkan berita dan tidak bisa membedakan antara mana kutipan narasumber dan mana opini.

“Ada juga wartawan yang tidak tunduk kepada kode etik jurnalistik. Bahkan isi kode etik pun tidak tahu. Inilah mengapa perlu adanya kompetensi wartawan agar mereka yang benar-benar bekerja dibidang jurnalistik dan wartawan yang sesungguhnya bisa terlihat,” tandasnya.

Ketua PWI Sorong Raya, Lexi Sitanala dalam sambutannya mewakili Ketua PWI Papua Barat, menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas Perwakilan Pamalu, yang telah memberikan support terhadap peningkatan kompetensi wartawan melalui UKW.

“Semoga sinergi untuk meningkatkan kompetensi wartawan ini terus terjalin dengan baik, sehingga keduanya bisa saling memberi manfaat yang positif,” tandasnya. **

Anda mungkin juga berminat