Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

SKK Migas Latih Kewirausahaan untuk Kemandirian Ekonomi Warga Kampung Arar

0 69

Arar, TN – Puluhan warga Kampung Arar Distrik Mayamuk, mendapatkan pelatihan kewirausahaan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Kegiatan ini dikemas melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Ekonomi oleh SKK Migas Perwakilan Pamalu di Kantor Distrik Mayamuk, Senin (2/12/2019).

Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, Galih W Agusetiawan menjelaskan, dalam kegiatan PPM Bidang Ekonomi yang berkelanjutan ini, merupakan komitmen Industri Hulu migas untuk berkontribusi dalam menciptakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga menjadi mandiri

“Sehingga tidak bertumpu hanya pada kegiatan hulu migas yang sudah ada,” tandasnya.

Pelatihan agar masyarakat menjadi mandiri secara ekonomi, menjadi program pemberdayaan masyarakat yang disinergikan dengan pemerintah daerah, sehingga nantinya siap memilki produk produk konsumsi hasil sumberdaya olahan yang dapat dijual sebagai salah satu produk unggulan oleh oleh atau souvenir kuliner khas daerah Papua.

“Pelatihan kewirausahaan ini difokuskan pada usaha kelompok masyarakat seperti pembuatan keripik ikan, tambak ikan dan kios kios penjualan yang telah memilki kelompok kelompok pengelolaannya,” kata Galih.

Untuk menciptakan kemandirian, kata Galih, selain pelatihan juga perlu adanya pendampingan baik dari dinas koperasi dan kontraktor migas, agar kualitas sumber daya manusia masyarakat di kampung yang berdampingan dengan usaha hulu migas bisa meningkat.

“Setelah semua SDMnya siap, kami akan menindaklanjuti dengan mendorong pembentukan koperasi yang memiliki badan hukum,” tandasnya.

Sedangkan bentuk dukungan keberlanjutan yang akan diberikan oleh pemerintah, adalah pemberian bantuan modal sesuai usaha kelompok kelompok yang ada, dengan seleksi proposal usulan oleh Dinas Koperasi.**

Anda mungkin juga berminat