Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Setelah Manokwari, Festival Seni Budaya PB 2020 Rencananya Dipusatkan Di Raja Ampat

0 180

Sorong, TN- Festival Seni Budaya Papua Barat (PB) rencananya di tahun 2020 akan menjadikan Raja Ampat sebagai tuan rumah perhelatan nasional tersebut.

Pernyataan itu disampaikan kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Papua Barat, Yusak Wabia, kepada awak media di Sorong, Selasa (26/11).

“Ada dua pergelaran event festival besar di provinsi Papua Barat, yaitu festival Seni Budaya Papua Barat dan festival Pesona Bahari Raja Ampat, nah jika festival Seni Budaya sudah dilakukan di Manokwari di tahun 2020 kami mencoba melaksanakannya di Raja Ampat, akan kami kordinasikan dengan pak gubernur,” ujar Yusak Wabia.

Menurutnya, Raja Ampat merupakan destinasi pariwisata kelas dunia, sehingga tidak cukup jika festival Seni dan Budaya Papua Barat tidak mengangkat Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata duani.

“Untuk menjual pariwisata Raja Ampat, mungkin saja dalam perhelatan festival seni budaya itu, kita mengundang seluruh kepala daerah se-Papua Barat. Tujuannya, ketika selesai event tersebut, para kepala daerah ini bisa mengajak masyarakatnya untuk berwisata di Raja Ampat, kita mulai dari dalam dan akan terus keluar sampai mancanegara,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, kepala dinas Pariwisata kabupaten Raja Ampat, Jusdi Lamatenggo, menyebutkan jika pergelaran festival Seni Budaya Papua Barat dipastikan berlangsung di Raja Ampat, dan menghadirkan seluruh kepala daerah se-Papua Barat, maka hal tersebut akan menjadikan wisata Papua Barat semakin bergairah.

Menurutnya, usulan kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat ini, sesuatu hal yang positif melihat pariwisata Raja Ampat sebagai etalase Papua Barat, yang mana pariwisata Raja Ampat perlu didirong kedepan agar daerah-daerah lain juga ikut terdorong untuk mengembangkan pariwisata di daerah masing-masing.

Dikatakan, untuk membangun pariwisata bukan hal yang mudah, namun membutuhkan waktu yang cukup panjang dan karena wisata Raja Ampat sudah cukup melambung tinggi di dunia internasional, maka Raja Ampat perlu didorong sehingga diharapkan menjadi corong bagi wisata Papua Barat.

Rencana pelaksanaan perhelatan festival Seni Budaya Papua Barat ini, masih sebatas sebua rencana yang nantinya dilakukan kordinasi dengan berbagai pihak, terutama Kementrian Pariwisata dan gubernur Papua Barat.

Anda mungkin juga berminat