Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Serius Tangani Pasien Odha Di Asmat, Pihak Terkait Diberikan Pelatihan

0 34

Asmat, TN – Guna penanganan serius kepada pasien orang dengan HIV-Aids  (Odha) di Kabupaten Asmat, Papua, Program Landasan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) BAKTI Papua mengadakan pelatihan penjangkau dan pendampingan Odha, kerjasama dengan Keuskupan Agats dan Pemda Asmat.

Pelatihan dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 7-10 Agustus. Tujuannya, agar para peserta dapat memahami tugas dan cara mendampingi pasien Odha di Kabupaten Asmat.

“Mereka yang diberikan pengetahuan ini, selanjutnya dapat membantu pasien Odha dan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya penyakit HIV-Aids,” jelas  Provincial Manager Program Landasan KOMPAK BAKTI Papua, Sefter Manufandu, Kamis (15/08).

Pihak yang terlibat dalam  kegiatan ini adalah petugas Dinas Kesehatan Asmat, petugas rumah sakit, para pastor,  perwakilan umat atau relawan dari masing-masing paroki, petugas Komisi Penanggulangan Aids (KPA) serta perwakilan Pemda Asmat.

Dikatakan, kelanjutan program ini kedepannya perlu dukungan Pemda Asmat dalam hal anggaran. Selain itu,  pengadaan obat ARV bagi pasien, karena selama ini, kebutuhan obat ARV masih mengambil dari rumah sakit Timika.

“Supaya lebih cepat lagi untuk menjangkau para Odha yang membutuhkan perawatan,” tambah Sefer.

Secara khusus, ia berpesan kepada generasi muda dan masyarakat, agar selalu menjaga diri dengan tidak melakukan sex bebas, setia terhadap pasangan atau tidak ganti-ganti pasangan.

Kesempatan berikut, Direktur Yayasan Alphons Suwada Agats, Pastor Hendrikus Hada, Projo  menyebutkan, pasien HIV di Asmat yang meninggal dunia cukup banyak, begitu pula peningkatan penderitanya. Oleh karena itu, pihak terkait yang menangani kasus HIV-Aids benar-benar serius menanganinya.

Sementara itu, Healt Consultan KOMPAK Landasan BAKTI Papua, dr. Lingga mengatakan, sejak lama komitmen Keuskupan Agats memerangi HIV sudah dijalankan, namun banyak hambatan  menyangkut dana, SDM, dan jangkauan.

“Jadi sangat penting hadirnya pemerintah daerah menyangkut dukungan anggaran. Selain itu, kesadaran masyarakat sendiri dalam menjaga perilaku hidup yang baik dan sehat,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat