Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sepanjang Tahun 2019, Sebanyak 3.596 Paspor Sudah Diterbitkan Kantor Imigrasi Ternate

0 99

Ternate, TN – Sepanjang tahun 2019, ada sebanyak 3.596 paspor untuk Warga Negara Indonesia (WNI) telah diterbitkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate.

Selain itu, Kantor Imigrasi Ternate juga menerbitkan paspor terhadap 800 orang Calon Jamaah Haji (CJH) yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota, seperti Kota Ternate, Kota Tidore, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kabupaten Halmahera Selatan (HalSel), Kabupaten Kepulauan Sula, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

“Kebetulan kabupaten/kota ini berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate. Jadi Target kinerja kita adalah, mencegah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Non Prosedural, Pembentukan dan Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (TimPora) penegakan hukum,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate Putut Sukoco Nusantoro kepada wartawan di Ternate, Jumat (3/1).

Menurut dia, untuk mencegah TKI Non Prosedural bekerja keluar negeri, maka kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate dalam melakukan pencegahan TKI Non Prosedural ke luar negeri, dengan membentuk TimPora di tingkat Kabupaten/Kota di Malut, dan di tingkat Kecamatan yang melibatkan instansi terkait.

“Hal ini dilakukan, untuk mendeteksi dini pada permohonan paspor dan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Kami sangat serius, untuk menindak tegas setiap orang yang melakukan pelanggaran hukum di bidang keimigrasian,” tegas Sukoco.

Anda mungkin juga berminat