Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Senator Papua Barat Ini Himbau Warga Papua Tidak Terprovokasi Tanggal Satu Desember

0 243

Sorong, TN – Setiap tanggal 01 Desember bagi kebanyakan orang Papua merupakan tanggal keramat. Dimana setiap tanggal tersebut, merupakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

Anggota DPD RI asal Papua Barat, Mamberob Rumakiek, mengatakan tanggal 01 Desember di Papua biasa dikenal dengan tanggal keramat. Ia juga menghimbau agar masyarakat di Papua Barat, khususnya di Sorong Raya agar tetap beraktifitas seperti biasa dan tidak terpengaruh isu-isu yang provokatif.

“Satu Desember ini, di Papua biasa dikenal dengan tanggal keramat tapi bukan kiamat, jadi saya berharap saudara-saudara di Papua Barat khususnya di Sorong Raya supaya beraktifitas seperti biasa dan tidak terpancing isu-isu provokatif,” ujar Senator muda asal Papua Barat itu.

Ia pun mengajak masyarakat Papua menjalankan aktifitas di tanggal 01 Desember sama seperti hari-hari biasa. Apalagi tanggal 01 Desember ini jatuh pada hari Minggu.

“Bagi seluruh masyarakat Papua agar menjalankan aktigitas sama seperti hari biasanya, karna tanggal satu desember jatu kena hari Minggu, saya minta untuk siapa saja untuk tidak membuat gerakan tambahan yang pada akhirnya mencedrai hari Minggu hari yang kudus bagi umat nasrani,” tegas Mambe, sapaan akrab Mamberob Rumakiek, Jumat malam (29/11).

Dikatakan, bagi mereka yang ingin memperingati tanggal 01 Desember sebagai HUT OPM agar direspon dengan hal biasa, sepanjang tidak melanggar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam konteks UUD 1945, guna menjaga keutuhan NKRI.

Mambe juga berharap, aparat keamanan tetap pada tugasnya masing-masing, menjaga keamanan dan ketertiban. Terutama mengamankan situasi agar tetap aman dan kondusif.

Untuk menolak segala bentuk propaganda dan provokasi serta upaya-upaya untuk mengganggu stabilitas keamanan negara, masyarakat juga harus terlibat bersama aparat keamanan menjaga agar situasi keamanan di tanah Papua, khususnya di Sorong Raya tetap kondusif.

Anda mungkin juga berminat