Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Semua Anak di Kabsor Wajib Miliki Kartu Identitas, Begini Cara Mengurusnya  

0 105

Aimas, TN – Semua anak usia 0 sampai 17 tahun kurang 1 hari di wilayah Kabupaten Sorong, wajib memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatanm Sipil (Dispenduk Capil). Ini adalah kartu identitas layaknya KTP bagi orang dewasa, karena anak-anak di rentang usia tersebut mereka belum diwajibkan memiliki KTP.

Menurut Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono Ssos. MSi, banyak manfaat secara administrasi publik yang akan diperoleh dari kepemilikan KIA ini, diantaranya, dibutuhkan saat pendaftaran masuk sekolah, atau kebutuhan lain saat bepergian dengan menggunakan  pesawat atau kapal laut.

“Biasanya kalau beli tiket pesawat atau kapal, kan selalu ada pilihan usia. Dewasa atau anak-anak. Nah, untuk menunjukkan bahwa calon penumpang ini masih anak-anak, cukup dengan KIA,” kata Suko Harjono.

KIA sendiri terbagi menjadi 2, yakni untuk anak usia 0 sampai 5 tahun diterbitkan tanpa foto diri, dan usia 5 sampai 17 tahun kurang 1 hari diterbitkan dengan menampilkan foto diri. Oleh Dispenduk Capil Kabsor, program dari pemerintah pusat yang dijalankan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 2/2016 itu, mulai disosialisasikan dan diberlakukan. Lalu bagaimana untuk bisa mengurus kartu ini di Dispenduk Capil, berikut persyaratan dan caranya:

Persyaratan :

1. Untuk anak yang baru lahir (bayi), KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran.

2. Untuk anak yang berusia dibawah 5 tahun dan belum memiliki KIA, orangtua melampirkan salinan (foto copy) akta kelahiran, KTP asli kedua orang tua atau wali dan KK asli kedua orangtua atau wali.

3. Untuk anak yang berusia lima tahun samapi 17 tahun kurang 1 hari dan belum memiliki KIA, melampirkan foto copy akta kelahiran dan menunjukkan akta kelahiran asli, KK asli orang tua/wali, KTP asli kedua orang tuanya/wali ditambah pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar.

Caranya:

1. Pemohon atau orangtua anak menyerahkan persyaratan penerbitan KIA dengan menyerahkan persyaratan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

2. Kepala Dinas menandatangani dan menerbitkan KIA.

3. KIA diberikan kepada pemohon atau orangtuanya di kantor Dinas atau kecamatan atau desa/kelurahan.

4. Dinas dapat menerbitkan KIA dalam pelayanan keliling dengan cara jemput bola di sekolah-sekolah, rumah sakit, taman bacaan, tempat hiburan anak-anak dan tempat layanan lainnya. 

Cara Membuat KIA bagi Anak Warga Asing

1. Jika anak yang telah memiliki paspor, orangtua anak melaporkan ke Dinas dengan menyerahkan persyaratan untuk menerbitkan KIA.

2. Kepala Dinas menandatangani dan menerbitkan KIA.

3. KIA dapat diberikan kepada pemohon atau orangtuanya di kantor Dinas.

Anda mungkin juga berminat