Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sembilan Puskesmas Prototype Di Merauke Diresmikan

0 264

Merauke, TN – Bupati Merauke Fredrikus Gebze meresmikan sembilan puskesmas Prototype di Kabupaten Merauke, Jumat (24/05/19). Peresmian dipusatkan di Puskesmas Rimba Jaya ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita pemakaian gedung baru.

Puskesmas prototype ini dibangun sejak 2017 dengan dana APBN dari Kementerian Kesehatan RI. Yang sudah selesai dibangun di 2017 adalah Puskesmas Naukenjerai, Sota, Bupul dan Ulilin 2018 di Puskesmas Rimba Jaya, Kurik, Kumbe, Muting dan Waan. Masih tersisa tiga yakni Kaptel, Tubang dan Jagebob sementara diproses.

“Selaku Pemerintah Daerah dan masyarakat, kami menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat yang punya perhatian serius bagi daerah Kabupaten Merauke. Diharapkan dengan fasilitas kesehatan yang memadai akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelas Bupati Merauke dalam sambutannya.

Kesempatan itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar turut menjaga semua fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah. Tidak sembarang membuang ludah pinang, sampah atau merusaknya.

“Kita akan terus mempersiapkan tenaga medis dan kekurangan lainnya, supaya bukan hanya gedung puskesmas yang bagus tapi tenaga medis dan kebutuhan sarana kesehatan harus mendukung,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Adolf Bolang mengatakan masing-masing puskesmas anggaran yang dibutuhkan bervariasi, tergantung jenis bangunan dan letak daerahnya. Total anggaran secara keseluruhan 74 miliar. Dengan adanya rumah sakit prototype, dikatakan tingkat partisipasii masyarakat yang datang berobat meningkat, sehingga meningkat pula derajat kesehatan masyarakat.

“Kita lagi pendataan PIS-PK atau program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga. Di Papua, Kabupaten Merauke yang paling banyak terdaftar. Mencapai 15 ribu KK yang telah didaftar.Dari situ kita bisa lihat, profil kesehatan keluarga dari sekian ribu warga yang ada di Kabupaten Merauke,” jelas Kadinkes.

Anda mungkin juga berminat