Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sekda Sebut Operator Wisata Ujung Tombak Pariwisata di Raja Ampat

0 27

Waisai, TN – Sekitar 150 operator wisata yang terdiri atas motores atau supir speedboat dan tur guide yang beraktifitas di Raja Ampat mengikuti Diklatat dan Dinas Perhubungan Raja Ampat dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong.

Diklat tersebut dilaksanakan di aula kantor Dinas Perhubungan kabupaten Raja Ampat, senin (28/01) pukul 11.00 WIT.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana BP2IP Sorong, Hery Sutanto MM, mengatakan bahwa kegiatan DPM ini dimaksudkan bagi operator wisata Raja Ampat khususnya motores dan tour guide agar memahami tentang pentingnya keselamatan pelayaran pada transportasi laut.

“Melalui Diklat ini, diharapkan para peserta menjadi tenaga profesional dalam aktifitas kerja yang menggunakan transportasi laut dalam pemenuhan program konektivitas antar pemerintah daerah,” ujar Heri Sutanto.

“Dimana setelah Diklat ini, peserta akan menerima tiga sertifikat, yakni; Basif Safety training (BST), Security Awareness training (SAT) dan, Advance Fire Fighting (AFF) dengan lisensi yang akan diperbarui per 5 tahun mendatang,” lanjutnya.

Dijelaskannya pula, bahwa selain mendapatkan pemahaman dasar dalam keselamatan pelayaran laut, para peserta pun akan secara tidak langsung terjadi peningkatan ekonomi keluarga yaknj dengan peningkatan profesionalisme kerja.

Sementara itu, dihadapan peserta DPM tahun 2019 kabupaten Raja Ampat, Sekretaris Daerah kabupaten Raja Ampat, Dr. M. Yusuf Salim M.Si menekankan lagi peran operator wisata lokal seperti motores atau supir speedboat dan tur guide Raja Ampat bahwa mereka adalah duta atau ujung tombak Pariwisata kabupaten Bahari ini.

“Wajah pariwisata Raja Ampat ini ditentukan oleh kesan positif yang dirasakan para wisatawan saat berkunjung kemari. Dan hal tersebut sangat dipengaruhi oleh para penjual jasa yang bersinggungan langsung dengan mereka, yakni para tur guide dan motores sekalian, bukan kami yang duduk dibelakang meja. Makanya bagi saya, kegiatan Diklat ini sangat penting dan saya apresiasi 3 instansi yang lakukan Diklat pada hari ini.(*)

Anda mungkin juga berminat