Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sejumlah Wilayah Di Ambon “Digempur” Tanah Longsor

0 410

Ambon, TN – Sejumlah wilayah di Kota Ambon “digempur” bencana tanah longsor, sejak Kamis (6/6) hingga Sabtu (8/6) dini hari. Tanah longsor yang menerjang itu, menyebabkan belasan rumah warga rusak berat, bahkan ada yang tertimbun.

Memang, hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kota Ambon beberapa hari belakangan ini, menyebabkan rumah milik keluarga Walter da Costa, di kawasan Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kamis (6/6) pukul 02.00, ambruk akibat ditimbun tanah longsor.

Rumah milik Walter da Costa tersebut rawan, lantaran dibangun pada lahan potongan tebing yang diratakan, dan tidak dilengkapi dengan dinding pengaman dan drainase yang baik, sehingga tanah mudah bergerak.

Kemudian, lima unit rumah di RT 004/05 Kawasan Kayu Putih, Desa Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon juga mengalami kerusakan berat, akibat bencana longsor.

Rumah yang terkena dampak bencana tanah longsor yang terjadi Jumat (7/6) dini hari yakni, keluarga Lewir, Beyai, Lolouan, Parto dan Tale. Ada juga di kawasan Kopertis RT 003/07 di belakang rumah keluarga Benny Mustamu,

serta kawasan Batu Meja RT 004/04, yakni ada pohon tumbang menimpa satu unit rumah, Sabtu (8/6) pagi. Tanah Longsor juga menyebabkan salah satu unit rumah di Gunung Malintang, Desa Batu Merah retak.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paays meminta warga yang tinggal di lereng gunung dan bukit untuk waspada, karena kondisi cuaca di Kota Ambon yang terus diguyur hujan lebat dan diterpa angin kencang. “Nah, jadi kami sementara melakukan proses pendataan terhadap sejumlah titik yang potensial bencana alam longsor, akibat tingginya curah hujan akhir-akhir ini. Jadi, kami menghimbau warga yang bermukim di lereng-lereng gunung dan bukit, untuk meningkatkan kewaspadaan,” himbau Paays saat dihubungi Teropongnews.com, Sabtu (8/6).

Berdasarkan pendataan yang dilakukan pihaknya, kata Paays, bencana alam tanah longsor terjadi di kawasan IAIN, Rumah Tiga, Kelurahan Batu Meja dan Kopertis, dan Kayu Putih. “Kami terus melakukan pendataan dan memberikan bantuan tanggap darurat bagi warga,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat