Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sanksi Menanti Tujuh ASN Pemkab Haltim

0 77

Ternate, TN – Ancaman sanksi kini menanti tujuh oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Pemkab Haltim). Ini setelah Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten setempat rencananya akan menyerahkan berkas ke tujuh ASN Haltim kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Laporan ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, ketujuh ASN ini diduga kuat terlibat politik praktis, saat perhelatan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres), dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 lalu.

“Nah, dari hasil kajian yang telah dilakukan oleh kami (Bawaslu), ada sejumlah bukti yang memperkuat keterlibatan ketujuh ASN ini. Dari hasil kajian kami telah serahkan ke KASN Pusat. Nanti kewenangan KASN untuk memberikan sanksi,” kata Ketua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir saat dihubungi dari Ternate, Kamis (24/10).

Menurut dia, mengundang ketujuh oknum ASN yang terlibat untuk klarifikasi merupakan kewenangan pihaknya. Namun, soal sanksi yang nantinya diberikan merupakan kewenangan KASN.
“Sanksinya kan berdasarkan kesalahan yang dibuat. Bisa dalam bentuk sanksi administrasi, hingga pemecatan. Tentunya, kita akan mengawal keputusan yang nantinya dikeluarkan KASN,” tandas Suratman.

Anda mungkin juga berminat