Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sampah Plastik Berserakan Di Pasar Ternate

0 31

Ternate, TN – Pemandangan yang sangat tidak mengenakkan terlihat di salah satu pasar tradisonal di Kota Ternate, Maluku Utara yakni Pasar Kota Baru, Sabtu (8/6). Pasalnya, sampah dibiarkan berserakan di sekitar lokasi pasar tersebut.

Pantauan Teropongnews.com, sampah plastik tersebut dibuang begitu saja, sehingga memenuhi lokasi penjual pakaian di pasar itu. Sampah dibiarkan berserakan di sekitar maupun kolong-kolong lapak yang sudah sepi, dan tidak ada aktivitas jual beli. Sampah-sampah itu didominasi oleh plastik pembungkus sepatu dan pakaian.

Salah satu pedagang sepatu di Pasar Kota Baru bernama La Aedi mengaku, sampah-sampah itu ternyata sudah ada sejak malam takbiran, Selasa (4/6).

“Biasanya lokasi tempat kami berdagang ini selalu bersih dari tumpukan sampah. Tapi karena kami sibuk mempersiapkan diri untuk lebaran, maka kami tidak sempat untuk membersihkannya. Apalagi, saat malam terakhir Ramadan itu, para pedagang di sini berjualan hingga dini hari,” kata Aedi kepada Teropongnews.com, Sabtu (8/6).

Menurut dia, biasanya sampah-sampah yang dibersihkan usai berjualan, akan diletakkan di pinggir jalan, untuk diangkut okeh mobil Dinas Kebersihan Pemerintah Kota Ternate. Sayangnya, mobil sampah masih belum beroperasi saat ini, karena masih libur.

Lebih lanjut Aedi mengatakan, aktivitas jual beli pakaian di Pasar Kota Baru tidak rutin, karena hanya tuga hari dalam seminggu pasar ini beroperasi. Namun, selama Ramadan 2019, pasar tersebut beraktivitas setiap hari.

Menurut dia, para pedagang diwajibkan untuk membayar iuran sampah. “Satu hari Rp 2.000, itu hanya ketika hari pasar saja,” kata Aedi.

Anda mungkin juga berminat