Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sakarias Wader, Bocah 7 Tahun Raih Koin Emas Aksi Pungut Sampah Plastik Di Raja Ampat

0 78

Waisai, TN- Target G-Tour by Ethnic Journey, salah satu biro perjalanan wisata yang mengsponsori kegiatan Fesrival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 boleh dikatakan sukses dalam memerangi sampah plastik di kota Waisai Raja Ampat.

Bekerja sama dengan pemerintah daerah, Conservation International Indonesia (CI) dan Bank Sampah Waisai, G-Tour siapkan koin emas murni kepada warga yang berhasil mengumpulkan sampah plastik lebih dari 5 kilo gram.

Sakatias Wader, bocah peraih koin emas pungutan sampah plastik terbanyak. Foto ist.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga penutupan Festival Pesona Bahari Raja Ampat, Selasa (22/10), Bank Sampah Waisai beehasil menerima 437 kilo gram sampah plastik bersih dan sekitar 900 kilo gram sampah plastik yang kotor yang dikumpulkan selama 4 hari.

Ronald Tambunan, CEO G-Tour, saat ditemui di pantai Waisai Torang Cinta (WTC) usai acara penutupan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 Selasa (22/10), mengatakan target pihaknya bersama Bank Sampah untuk mengumpulkan sampah plastik dari warga dan kemudian ditukarkan dengan koin emas murni seberat 1 gram akhirnya tercapai.
Hal itu dibuktikan dengan sejumlah koin emas yang berhasil ditukarkan oleh masyarakat.

Pengumpulan sampah tersebut, sudah mulai dilakukan oleh Bank Sampah Waisai pada 19 Oktober 2019 hingga 22 Oktober 2019, tepat pada penutupan kegiatan Festival.

Sakarias Wader, seorang anak berusia 7 tahun, dinyatakan sebagai pengumpul sampah plastik kategori bersih terbanyak, pada acara Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, dan berhak mendapatkan koin emas seberat 1 gram.

Penyerahan hadiah tersebut langsung dari bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU) tepat pada acara penutupan Festival di pantai Waisai Torang Cinta.

Bupati berharap, seluruh masyarakat di Raja Ampat, khususnya di kota Waisai, harus menjaga kebersihan dan perangi sampah tentunya di darat maupun laut, mengingat Raja Ampat adalah daerah destinasi pariwisata kelas dunia.

Anda mungkin juga berminat