Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Rumkital Merauke Dilakukan Survey SNARS

0 315

Merauke, TN – Selama tiga hari mulai 23-25 Mei 2019, Tim Survey Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) melakukan survey di Rumah Sakit Angkatan Laut (RUMKITAL) Merauke.

Ketua Tim Survey, dr Yan Aslian Noor, MPH mengatakan jadwal kegiatan beralngsung tiga hari untuk menelusuri dokumen dan implementasi dokumen itu dalam pelayanan pasien dan non medis di RUMKITAL Merauke.

“Kemudian ada wawancara kepada perwakilan yang sudah ditunjuk. Kita juga melihat kemampuan rumah sakit dalam menjaga keselamatan pasien, keselamatan para medis dan rumah sakit,” terang dr.Yan dalam arahannya di Rumah Panggung, Ruang Rapat RUMKITAL, Kamis (23/05/19).

Kesempatan yang sama, Kepala RUMKITAL Merauke, Mayor Laut (K) dr.Tutut Sandy Waskito, Sp. B mengatakan, akreditasi rumah sakit adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh RS yang ada di Indonesia. Tujuannya untuk melihat kepatuhan dari tiap rumah sakit apakah sudah sesuai standar Operating Procedure (SOP).

Dikatakan, sebelumnya, pihaknya sudah mengajukan untuk dilakukan survey akreditasi di tahun kemarin, namun tahun ini baru dilaksanakan dan ini merupakan survey edisi pertama.

“Bagi kami, cukup berat juga. Kalau dulu hanya empat Pokja, sekarang harus 15 Pokja. Namun, kita tetap semangat mempersiapkannya. Harapan kami dari survey, ini kita bisa lulus dan menjadi kebanggaan kita sebagai RUMSAL di Merauke,” ucapnya.

Ia mengatakan, rumah sakit ini sementara proses menuju ke kelas D. Dihadapan Tim Survey, Kepala RUMKITAL Merauke memamparkan profile rumah sakit. Menyangkut visi, misi, jumlah personil tenaga kesehatan, fasilitas, capaian pelayanan rumah sakit, mutu pelayanan kepada pasien di RUSAL dan semua resep yang digunakan sesuai Fornas.

Fornas dalah suatu daftar penyediaan jenis dan harga obat yang menjadi acuan untuk pelayanan kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2014. Melalui sistem INA-CBG’s, rumah sakit sebagai penyedia layanan akan memberikan obat sesuai penyakit yang diderita pasien.

“Rumah Sakit AL diharapkan bisa meningkatkan mutu pelayanan kepada anggota Angkatan Laut, keluarga besar TNI dan masyarakat sekitar Merauke pada umumnya,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat